Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tiga Kunci Sukses Bisnis Kuliner

Sabtu 22 Aug 2015 15:30 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Untuk sukses berbisnis kuliner, kualitas adalah kata kunci yang harus dijaga.

Untuk sukses berbisnis kuliner, kualitas adalah kata kunci yang harus dijaga.

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Bisnis kuliner saat ini tengah marak. Mulai dari restoran atau rumah makan yang menyajikan makanan lengkap mulai dari makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup, ada juga yang hanya menjual satu jenis makanan, dan makanan camilan. Walaupun saingannya banyak, bisnis kuliner tetap bisa berjalan dengan baik dengan pangsa pasarnya masing-masing.

Tapi, faktanya ada tiga kunci sukses dalam bisnis kuliner. Marketing and Insights Manager Fonterra Foodservices Indonesia, Anindita Sari, menjelaskan kunci pertama adalah kualitas. Ini merupakan hal penting yang harus dipastikan dalam penyajian makanan. Menjaga kualitas makanan itu sangat penting. Dan rasanya pun harus terus konsisten.

“Kelas menengah di Indonesia naik signifikan. Mereka ini adalah orang-orang yang ingin mencoba makanan yang berkualitas baik. Karena itu, pelaku bisnis kuliner harus menjaga kualitas makananya dan terus konsisten dengan rasanya. Sehingga pelanggannya akan balik lagi ke tempat itu karena rasanya enak,” ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Kedua, adalah kesan pertama. Trennya saat ini, begitu memesan makanan, makanan datang dan disajikan oleh pramu saji, pelanggan langsung memotret makananya. Lalu membaginya di media sosial. “Begitu makanan datang bukan berdoa lalu dimakan, tapi difoto dulu, karena itu penyajian harus bagus,” tambahnya.

Selain itu, penyajian yang lebih cepat akan lebih baik dan lebih disukai pelanggan. Tentu saja dengan pemilihan bahan baku atau kandungan didalam produk yang baik.

Ketiga, kaya akan rasa. Masyarakat Indonesia cukup suka mencoba aneka jenis makanan, tentunya yang memiliki rasa berbeda. Mereka akan terus mencoba makanan yang bervariasi, yang nantinya mereka akan pilih mana yang lebih cocok untuknya. Karena itu, sediakan aneka jenis makanan dengan aneka rasa. 

“Berusaha mendekati dan mengerti pelanggan. Karena mereka ingin dimengerti,” sarannya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA