Selasa 18 Aug 2015 11:27 WIB

Sering Migren? Perhatikan Ini Agar Sembuh

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Olahraga zumba atau olahraga kardio lain bisa membantu mengurangi migrain.
Foto: Prayogi/Republika
Olahraga zumba atau olahraga kardio lain bisa membantu mengurangi migrain.

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir 40 juta orang Amerika menderita migren dan sebagian besar orang-orang ini merasakan sakitnya di setiap hari. Meskipun kondisi ini menyakitkan, penderita migren sering menganggap dirinya baik-baik saja. 

Dr Michael Cutrer, ketua Divisi Sakit Kepala di Mayo Clinic, mengatakan migren merupakan cara tubuh untuk merespons jika ada pendarahan di kepala atau ada tumor. "Kesabaran adalah hal yang penting, baik pada dokter maupun pasien," kata Cutrer. 

Seperti yang telah dilansir dari Mensjournal, Selasa (18/8), berikut adalah beberapa metode untuk mengobati masalah kesehatan yang satu ini.

Temui dokter yang tepat

Sakit migren bisa menjadi kondisi yang sangat rumit untuk diobati, jadi langkah pertama adalah menemukan seorang dokter yang  sanggup untuk menjalin kemitraan. Migren terkadang tidak bisa disembuhkan hanya dengan sekali berkonsultasi. 

"Cari dokter yang bersedia untuk mendengarkan Anda dan bersedia untuk menghabiskan beberapa waktunya," kata Cutrer. Dirawat karena migren akan memakan waktu yang panjang dan frustasi. Memiliki seorang dokter yang memahami kondisi ini dan kompleksitas yang menyertainya dalam menangani pasien merupakan langkah pertama yang penting bagi pasien.

Mengapa sulit dicari penyebabnya

Percaya atau tidak, orang masih tidak tahu persis apa yang menyebabkan migren. Itu yang membuat mereka sulit untuk sembuh. Cutrer dan banyak ahli lainnya percaya bahwa ada beberapa alasan yang berbeda mengapa orang merasakan migren. 

Ini mungkin merupakan alasan kenapa terapi cuma dapat menyembuhkan beberapa orang tertentu. Hal ini juga memunculkan anggapan mungkin beberapa orang mengidap penyakit ini karena faktor keturunan. Ini berarti mereka akan membutuhkan lebih dari satu jenis pengobatan untuk sepenuhnya mengatasi kondisi mereka.

Sesuai sistematis

Karena situasi migren setiap orang berbeda, pengobatannya pun personal. Ada banyak pilihan di luar sana, tapi tetap harus disesuaikan. Cara terbaik untuk mencari tahu ini adalah dengan hanya mencoba perawatan (pengobatan) satu per satu.

Berikan diri Anda waktu

Semua kompleksitas dan waktu yang terlibat dalam menemukan pengobatan yang tepat (atau campuran dari perawatan) untuk migren membutuhkan banyak ketekunan. Orang-orang yang ingin mencari pengobatan terbaik untuk migren mereka juga perlu mengambil waktu jeda untuk beristirahat. Banyak obat yang menuntut banyak waktu sebelum penderita migren diperbolehkan bekerja kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement