Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Dengan Musik, Ahli Bedah Lakukan Operasi Lebih Baik

Rabu 05 Agu 2015 05:40 WIB

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri

Ruang operasi. (Ilustrasi)

Ruang operasi. (Ilustrasi)

Foto: AP/Virginia Mayo

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa ahli bedah yang mendengarkan musik favorit mereka tampil lebih baik di ruang operasi. Dalam penelitian sebelumnya telah diungkapkan bahwa mendengarkan musik selama operasi dapat menurunkan tingkat stres ahli bedah.

Apakah musik The Beatles, Beethoven atau Backstreet Boys benar-benar bisa meningkatkan kinerja seorang ahli bedah di ruang operasi? Dalam studi baru ini bisa menjawab pertanyaan itu, bahwa ahli bedah ketika mendengarkan lagu-lagu favorit mereka memiliki teknik bedah yang lebih baik dan efisiensi. Artinya, dalam melakukan jahitan mereka lebih baik dan lebih cepat,

Para peneliti di University of Texas mengatakan, dari klasik rock musik dapat didengar di kamar operasi di seluruh dunia seperti Dilansir Dailymail, Selasa (4/8).

Beberapa peneliti itu melakukan penelitian dengan melihat kinerja 15 ahli bedah plastik. Mereka diminta untuk menutup sayatan berlapis dengan menjahit kaki babi yang diperoleh di pasar makanan lokal. Tapi, 15 ahli bedah tersebut tidak diberitahu tujuannya.

Salah satu peneliti, Dr Shelby Lies mengatakan semakin sedikit menghabiskan waktu di ruang operasi, akan mengurangi biaya secara signifikan, terutama ketika penutupan sayatan itu. "Durasi yang lebih lama di bawah anestesi umum dapat meningkatkan risiko efek samping bagi pasien," jelasnya

Pada saat diteliti, 15 ahli bedah itu hanya diminta untuk melakukan yang terbaik dan nanti hasilnya akan diberitahu. Sambil mendengarkan musik favorit mereka, kemudian mereka diminta untuk mengulang prosedur dengan menggunakan teknik yang sama.

Asisten profesor bedah Dr Andrew Zhang mengaskan, mendengarkan musik yang disukai dokter bedah bisa meningkatkan efisiensi dan kualitas penutupan luka. "Bisa menghemat biaya perawatan kesehatan dan menyembuhkan pasien dengan hasil yang lebih baik," katanya.

Hasil penelitian ini dapat dibaca lengkap di jurnal Aesthetic Surgery Journal. Sebelumnya, jurnal ini juga menerbitkan sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa mendengarkan musik selama operasi dapat menurunkan stres ahli bedah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA