Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sate Kesukaan Presiden Obama Jadi Menu Primadona di Milan Expo

Sabtu 25 Jul 2015 11:43 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Counter Sate di Paviliun Indonesia Milan Expo 2015

Counter Sate di Paviliun Indonesia Milan Expo 2015

Foto: DOK: Akhmad Kusaeni

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Oleh Akhmad Kusaeni (Pecinta Kuliner Indonesia)

Masih ingat cerita masa kecil Barack Obama, anak Menteng yang kini menjadi Presiden Amerika Serikat? Obama kecil ternyata sangat suka jajan sate dan bakso!

Itu diceritakan sendiri oleh Obama saat pidato di gedung Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu 10 November 2010. Di hadapan 7.500 hadirin, Obama bercerita tentang masa-masa kecilnya yang dihabiskan selama sekitar empat tahun di Indonesia.

"Di situ, kami bermain tangkap capung dan layang-layang. Saya juga gemar memakan bakso dan sate," kata Obama.

Tiba-tiba, Obama mempraktekkan cara memanggil dua tukang jajanan favoritnya itu. "Sate, bakso. Enak ya," sontak saja tepuk tangan bergemuruh di gedung Balairung UI.

Jika seorang Obama saja kepincut makan sate, tidak heran kalau orang-orang asing juga menggemari makanan khas Indonesia asal Madura itu. Ini terbukti, di Paviliun Indonesia di Milan Expo 2015, para pengunjung pameran akbar dunia itu ramai-ramai antri di counter sate.

Setiap hari sekitar 300 orang rela antri untuk menikmati kelezatan sate yang disajikan chef-chef Bogor Café Desa Restaurant di Paviliun Indonesia. Tak diragukan lagi, kuliner khususnya sate merupakan daya tarik utama Paviliun Indonesia. Sebagai surga makanan enak, Indonesia memiliki khasanah citarasa makanan lezat yang berasal dari setiap daerah di Tanah Air.

Padang, Sumatera Barat, memiliki makanan khas seperti rendang, ayam cabe hijau, dan telur bumbu kalio. Etnis Sunda, Jawa Barat, terkenal dengan masakan khas seperti pepes ikan bumbu kuning, empal, dan ayam bakar.

Masakan khas Jawa seperti ayam bakar kalasan, tongseng kambing, dan telur pindang kecap juga disukai oleh orang-orang asing, terutama yang pernah berkunjung ke Indonesia. Masakan khas Betawi, seperti nasi uduk, semur daging, dan telur mata sapi pedas, juga banyak digemari. Begitu juga masakan khas Manado, seperti ayam woku, daging rica-rica, dan ikan bakar.

Belum lagi makanan jalanan (street food) seperti bakso, mie ayam, nasi goreng, dan pecel lele. Bahkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, seperti diceritakan di awal tulisan tadi, sangat menyukai bakso, nasi goreng dan sate.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA