Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Olahraga Rutin Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Selasa 23 Jun 2015 15:16 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Perempuan berolahraga

Perempuan berolahraga

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, Sulit tidur saat malam hari atau lebih dikenal dengan istilah insomnia seringkali dialami. Tak hanya oleh satu dua orang, tapi banyak orang. Mungkin termasuk Anda. Sebenarnya, untuk membuat tidur Anda berkualitas dan berkuantitas, salah satu caranya bisa dengan olahraga.

Dikutip dari Telegraph, Selasa (23/6), olahraga yang baik dilakukan selama 150 menit dalam waktu satu minggu. Olahraga ini diyakini dapat meningkatkan tidur malam yang berkualitas sekitar 65 persen. Waktu 150 menit per minggu dapat dipecah per segmen. Misalnya 30 menit per hari selama lima hari per minggu.

Kebiasaan berolahraga ini bisa membuat tubuh Anda terasa fit. Selain itu, olahraga juga bisa membuat stress yang sedang melanda berangsur berkurang. Anda akan mengurangi efek negatif stres dengan olahraga. Otak berhubungan dengan stres fisik. Ketika Anda stres otak ikut stres. Dengan menghilangkan stres, maka bisa  meningkatkan waktu Anda menghabiskan tidur nyenyak.

Anda bisa memilih melakukan olahraga di luar ruangan. Olahraga ini akan meningkatkan paparan cahaya matahari yang terang pada tubuh Anda. Keduanya baik olahraga dan paparan cahaya terang membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur.

Anda tidak perlu olahraga di akhir malam atau sebelum pergi ke tempat tidur. Olahraga pada malam hari atau saat menjelang tidur tidak akan memberikan tubuh Anda cukup waktu untuk tenang sehingga sulit untuk tidur.

Jika malam hari adalah satu-satunya waktu Anda untuk olahraga, lakukanlah olahraga ringan. Lakukan tiga sampai enam jam sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat tidur yang maksimal.

Bagaimana dengan olahraga di pagi hari? Olahraga pagi biasanya menjadi favorit. Anda bisa melakukannya dan mendapatkan kesempatan untuk olahraga. Karena itu, tidak ada alasan hanya olahraga di tempat saja, tapi lakukanlah olahraga diluar ruangan atau luar rumah. Hal ini telah terbukti berguna untuk mencegah resistensi insulin dan penambahan berat badan yang merupakan sebuah gejala untuk banyak penyakit.

Anda juga bisa melakukan olahraga pada sore hari. Ini dapat membantu Anda mengatur ritme sirkadian. Misalnya dengan pergi ke tempat makan siang atau ke tempat rapat dengan berjalan kaki. Ini adalah cara yang baik untuk mengintegrasikan kegiatan ke dalam rutinitas harian Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA