Senin 22 Jun 2015 10:16 WIB

Hati-hati, Terlalu Banyak Kopi Rusak Kesuburan Pria

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir kopi
Foto: Republika/Prayogi
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Pasangan Anda gemar mengonsumsi kopi? Hati-hati ya, terlalu banyak minum kopi bisa merusak kesuburan para pria.

Sebuah studi menemukan bahwa minum terlalu banyak kopi dapat secara radikal mengurangi kemampuan pria menjadi seorang ayah. Pria yang minum lebih dari dua cangkir kopi pekat setiap harinya memiliki satu dari lima kesempatan menjadi ayah melalui In Vitro Fertilization (IVF). IVF adalah pemakaian laboratorium untuk menyatukan sperma dan sel telur dalam tabung yang kemudian diletakkan kembali ke dalam rahim untuk berkembang.

Namun, seperti dikutip Telegraph, Senin (22/6), untuk orang-orang yang minum kurang dari satu cangkir, memiliki kesempatan memiliki anak hampir 52 persen.

Para peneliti di Massachusetts General Hospital, Boston, percaya bahwa kafein dapat membahayakan sperma pada level molekul. Satu sloki espresso mengandung 100 mg kafein. Pria yang minum 265 mg atau lebih kafein akan memiliki kesempatan kecil menjadi ayah.

Studi juga menunjukkan bahwa pria yang minum satu liter air atau setengahnya dalam satu malam akan meningkatkan kesuburan mereka. National Health Service (NHS) menyarankan pria tidak seharusnya minum lebih dari empat unit per hari, setara dengan sekitar dua liter bir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement