Jumat 08 May 2015 12:25 WIB

Bangun Kualitas Tidur dengan Lima Langkah

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Tidur (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup manusia. Tidur memang terdengar sepele, namun di balik itu, memiliki kualitas tidur yang baik akan memengaruhi kehidupan seseorang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidur sangat banyak manfaatnya, tidak hanya sekadar penghilang lelah setelah beraktivitas, namun tidur juga salah satu cara kita menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Akan sangat berbeda orang yang tidurnya berkualitas dengan orang-orang yang kekurangan tidur.

Namun terkadang kita berhadapan dengan kondisi yang menyulitkan kita untuk tidur. Bukan hanya aktivitas sebelum tidur yang menyeababkan kesulitan itu, namun hal yang dilakukan sehari itu dan juga kebiasaan yang dibuat merupakan penyebab lain Anda akan kesulitan tidur.

Berikut ini cara agar Anda dapat meningkatkan kualitas tidur yang disarankan oleh John Berardi, Ph,D., pendiri Persicion Nutrition, yang dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (8/5).

Pertama, bangun lebih baik dengan cara yang alami. Ikuti siklus bangun tidur Anda dan buat kegiatan yang menyenangkan ketika sudah bangun dari tidur.

Kedua, pilihlah kegiatan siang hari yang bisa mendukung waktu tidur di malam hari. Dengan menghindari konsumsi kafein terlalu banyak merupakan salah satu cara yang baik untuk dapat tidur dengan mudah di malam hari.

Ketiga, membangun rutinitas tidur. Tubuh Anda membutuhkan waktu transisi dan isyarat lingkungan untuk tidur. Untungnya, rutinitas tidur yang konsisten dapat mengajarkan tubuh Anda untuk secara otomatis menurunkan fungsi tubuh agar dapat segera tidur.

Keempat, menciptakan ruang tidur yang baik. Cobalah membuat kamar tidur Anda minim dengan cahaya, polusi suara, dan kegiatan elektronik. Mengatur suhu ruangan untuk nyaman ketika tidur juga menjadi hal yang penting membangun kualitas tidur.

Kelima, tidur 7 hingga 9 jam per malam. Jika Anda merasa itu terlalu lama, coba biasakan mengisi tidur ketika di malam hari, bukan membalasnya saat pagi atau siang hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement