Selasa 05 May 2015 05:01 WIB

Begini Cara Makan Pasta Tanpa Ganggu Diet

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sepiringa pasta
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sepiringa pasta

REPUBLIKA.CO.ID, Pasta merupakan salah satu menu favorit hampir setiap orang. Namun, pasta biasanya mengandung banyak kalori, baik itu dari pasta ataupun dari topoing dan isi didalamnya. Ada keju, daging dan lainnya.

Tak sedikit orang yang sedang melakukan pengaturan pola makan atau diet, menghindari jenis makanan satu ini. Tapi jangan khawatir, Allwomenstalk, Selasa (5/4) memiliki trik untuk Anda agar tetap bisa menikmati pasta tanpa harus mengganggu diet. Penasaran bagaimana caranya?

Hitung kalorinya

Masalah dalam pasta biasanya Anda kesulitan mencari tahu ukuran porsi yang tepat. Misalnya untuk jenis pasta favorit Anda, bisa saja Anda memakan tiga atau empat porsi tanpa memperhitungkan kandungan kalorinya. Karena itu, sebelum mengonsumsi atau membuat sendiri pasta, sebaiknya Anda baca kemasan untuk memastikan kadarnya. Lalu ketika dimasak, ukur pula porsi yang Anda masak, jangan sampai Anda memasukkan pasta berlebihan dalam piring saji. Dengan begitu Anda tidak akan kelebihan kalori.

Perbanyak sayuran

Untuk menyeimbangkan jumlah kalori, tambahkan sayuran yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu pilih pula sayuran yang tinggi akan serat. Sayuran yang bisa digunakan misalnya labu, bayam, wortel, buncis, atau sayuran apapun yang Anda suka. Sayuran ini bisa ditambahkan mentah atau dipanggang terlebih dahulu. Sayuran akan lambat dicerna oleh saluran cerna Anda, tentu saja ini membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda juga bisa mengonsumsi pasta dengan sayuran yang lebih banyak jumlahnya.  

Pilih saus tomat

Pasta sangat baik jika dikonsumsi tanpa saus yang tidak sehat. Jangan tambahkan mentega dan krim, sebagai penggantinya, sebaiknya Anda pilih saus tomat. Saus tomat biasanya kaya akan rasa, tapi jauh lebih rendah lemak dan kalori. Selain itu, tambahkan sedikit minyak zaitun diatasnya bisa menjadi pilihan yang baik.

Gunakan sedikit saus

Memilih saus tomat untuk menambah cita rasa adalah hal yang baik, tapi ingat tambahkan sedikit saja, jangan terlalu banyak. Jangan membuat pasta terendam oleh saus. Dengan begitu Anda bisa menjaga diri dari lemak dan kalori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement