Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Enam Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kamis 16 Apr 2015 17:40 WIB

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari

Bangun pagi hari membuat tubuh lebih segar.

Bangun pagi hari membuat tubuh lebih segar.

Foto: Wihdan Hidayat/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Tekad yang kuat dibutuhkan untuk menghentikan kebiasaan buruk, selain itu adanya kemauan keras yang terbangun dari diri sendiri sangat menunjang untuk meningkatkan kebiasaan ke arah positif.

Psikolog Susanna Halonen mengatakan dengan menciptakan kebiasaan melakukan hal-hal baik dan positif seseorang bisa menghentikan kebiasaan buruk. Berikut enam cara untuk mengganti kebiasaan buruk.

Pertama, bangun pagi-pagi dan biasakan diri untuk bergerak. Pagi hari menjadi waktu yang ideal untuk melakukan pekerjaan besar atau yang membutuhkan dosis ektra, pagi hari adalah waktu yang pas saat stamina masih terkumpul.

Kedua, memanfaatkan otopilot batin Anda dengan membangun kebiasaan atas pilihan yang harus dieksekusi namun tetap berkomitmen terhadap pilihan yang sudah diputuskan. Seperti menahan untuk tidak makan kentang goreng sebagai makan siang. Kebiasaan ini bisa dilatih.

Ketiga adalah dengan menambah kebiasaan baik. Kebiasaan buruk bisa diganti dengan kebiasaan baik baru yang Anda ciptakan sendiri. Misalnya yang dilakukan oleh Halonen, dia mengganti kopi pagi dengan air panas, lemon dan jahe.

Keempat menuliskannya. Hal apa yang ingin diubah menjadi kebaikan harus dicatat di atas kertas. Lain halnya dengan yang dicatat pada smartphone, kadang terlalu mudah untuk dihapus. Sedangkan dengan ditulis maka akan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap apa yang sudah dituliskan oleh tangan sendiri. Kita semua memiliki niat yang besar, tetapi melakukannya di atas kertas membuat kita lebih bertanggung jawab.

Kelima, mengatasi dengan mencari alasan penyebab mereka datang. Analoginya adalah kopi. Anda mengantuk maka Anda membutuhkan kopi, namun Anda bisa menggantinya dengan teh.

“Kita tidak pernah bisa melupakan mereka, mereka selalu ada dan terus mengintai dari belakang menunggu untuk muncul kembali, namun selama Anda masih memiliki teh Anda tidak akan kembali pada kebiasaan lama,” ujar Halonen yang dilansir laman Newsnow, Kamis (16/4)

Keenam adalah dengan membuat isyarat visual. Sebagai contoh dengan menempatkan catatan di samping cermin sehingga saat Anda bangun tidur maka Anda akan segera mengingatkan terhadap hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA