Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kekhawatiran Terbesar Menjelang Persalinan (3-Habis)

Senin 13 Apr 2015 10:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Ibu hamil

Ibu hamil

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Hari H seolah datang begitu cepat. Banyak calon ibu yang melontarkan kekhawatiran, terutama tentang persalinan yang akan dijalani sebentar lagi.

Sebagai dokter kandungan, kami memastikan untuk meluangkan waktu lebih banyak dengan pasien di bulan-bulan akhir kehamilan. Bukan sekadar memonitor kondisi medis mereka melainkan menjaga keseimbangan emosional. Kami merasa penting untuk mengenali harapan dan kekhawatiran wanita sebelum hari persalinan.

Saat hari H datang, mungkin tidak banyak hal yang dapat Anda kendalikan. Membekali diri dengan informasi yang cukup dapat menekan ketegangan, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Apakah Sudah Saatnya?
Ketika hari persalinan Anda semakin dekat, mungkin Anda penasaran dengan apa yang terjadi di dalam tubuh dan bertanya-tanya, “Apakah sudah saatnya saya menghubungi dokter ?”

Bagi kami, garis besarnya adalah jika Anda tidak yakin, Anda sebaiknya menelepon dokter. Konsep itu semakin benar bagi kelahiran pertama karena ibu belum pernah mengalami kontraksi sebelumnya. Hubungi dokter jika Anda tidak yakin benar apa yang sedang dikatakan oleh tubuh Anda.

Dan jika Anda mengalami kondisi berikut, segera hubungi dokter. Yaitu, perdarahan vagina seperti menstruasi, kontraksi yang terjadi setiap 10-15 menit jika usia kehamilan kurang dari 36 minggu atau setiap 5 menit jika kehamilan Anda di atas 36 minggu, pecah ketuban atau ada cairan merembes, sakit kepala hebat yang tidak dapat sembuh dengan asetaminofen, pembengkakan berat pada wajah, tangan, dan kaki, gerakan bayi berkurang, atau demam di atas 38 derajat celcius.
 
Setiap kali Anda datang ke dokter dengan pertanyaan atau kekhawatiran –meskipun Anda sudah pernah mengalami sebelumnya– Anda layak mendapat jawaban. Tidak ada pertanyaan bodoh, dan jika Anda sudah mendekati detik persalinan, tidak ada kunjungan ke rumah sakit yang tidak berarti karena tenaga profesional perlu mengonfirmasi bahwa Anda dan bayi baik-baik saja.

Jika Anda rajin menjaga diri, rutin memeriksakan kandungan dan mengutarakan kekhawatiran Anda sejak awal, informasi yang Anda miliki dan tim dokter kandungan yang berpengalaman akan hadir untuk memandu Anda melewati masalah atau kondisi darurat yang mungkin terjadi di hari besar Anda. Itulah alasan kami ada untuk Anda.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA