Kamis 09 Apr 2015 18:33 WIB

Pertolongan untuk Gigi Patah

Anak yang sedang sakit gigi perlu dirawat secara hati-hati.
Foto: flickr
Anak yang sedang sakit gigi perlu dirawat secara hati-hati.

REPUBLIKA.CO.ID, Apa yang Anda lakukan jika gigi si kecil patah? Ikuti saran dari John Liu, DDS, presiden American Academy of Pediatrics Dentistry, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Gigi Susu

Gigi ini tidak bisa diganti. Gigi yang patah ditambal untuk menghaluskan tepian yang kasar, diperbaiki dengan bahan komposit, atau diganti seluruhnya jika rusaknya parah. Gigi susu yang terdorong keluar dari tempatnya dalam kebanyakan kasus bisa kembali ke posisi semula.

Gigi Permanen

Cepatlah bertindak. Jangan bersihkan giginya; masukkan patahannya ke dalam segelas susu, dan segera ke dokter gigi. Telepon dulu untuk memberitahukan kedatangan Anda, karena semakin cepat gigi kembali ke tempatnya, semakin bagus.

Jika tidak bisa diselamatkan, anak Anda mungkin akan menggunakan gigi palsu yang direkatkan pada penahan gigi; dia bisa menjalani implan gigi ketika sudah lebih besar dan pertumbuhannya berakhir–sekitar usia 18 tahun. Gigi patah bisa ditutup dengan mahkota atau jaket, atau direkatkan lagi dengan bagian yang patah (masukkan bagian itu juga ke dalam susu) atau menggunakan gigi palsu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement