Ahad 05 Apr 2015 08:03 WIB

Begini Cara Mencegah Sembelit Semasa Hamil

sembelit/ilustrasi
Foto: corbis.com
sembelit/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluhan konstipasi atau sembelit umumnya terjadi pada trimester ketiga masa kehamilan. Penyebabnya, hormon progesteron memerlambat gerakan usus sehingga proses pengeluaran feses juga ikut melambat.

Untuk mengatasi keluhan ini, dikutip dari www.parentsindonesia.com, ibu hamil sebaiknya banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat (seperti sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air) adalah cara terbaik membantu melancarkan proses pencernaan. "Hindari konsumsi obat pencahar karena potensial meningkatkan kontraksi otot polos. Dikhawatirkan otot penyangga uterus akan terpengaruh sehingga menyebabkan keguguran," kata Dr. Sarsanto W. Sarwono, SpOG dari RS Tebet, Jakarta.

Suplemen serat juga sebisa mungkin dihindari karena dapat mengganggu penyerapan makanan di usus. Zat gizi yang seharusnya diserap tubuh bisa jadi langsung dikeluarkan sehingga ibu hamil akan kekurangan nutrisi yang sangat diperlukan untuk ibu dan janin. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda jika terpaksa meminum suplemen serat.

Berolahraga ringan juga membantu, seperti berenang dan joging. Namun berkonsultasilah dengan dokter kandungan jika Anda akan melakukan olahraga. Selain itu cek juga dengan dokter Anda, dosis zat besi dalam suplemen prenatal yang diberikannya. Jika mengandung zat besi dosis tinggi, mintalah dosis yang lebih ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement