Selasa 24 Mar 2015 17:58 WIB

Perhatikan Kuku Anda, Kondisi Kuku Cerminkan Kondisi Tubuh

Rep: c09/ Red: Ani Nursalikah
Kuku tangan
Foto: blogspot
Kuku tangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuku jari ternyata mencerminkan banyak hal mengenai kondisi internal tubuh seseorang. Waktu pertumbuhan kuku bahkan dapat memberitahu berapa lama seseorang menderita sakit.

Secara normal, kuku jari tangan membutuhkan waktu enam bulan untuk tumbuh. Sedangkan kuku jari kaki dapat memakan waktu hingga satu tahun.

 

Dilansir dari wittyfeed.com, kuku jari dapat digunakan untuk menggambarkan penyakit atau gangguan tubuh apa yang sedang diderita seseorang. Misalnya, kuku yang berwarna kuning menunjukkan anda memiliki penyakit paru-paru atau hati.

 

Sedangkan bintik-bintik putih yang sering kita temui pada kuku menunjukkan kekurangan protein dan kalsium. Bintik putih juga bisa menjadi tanda adanya jamur atau reaksi alergi.

 

Kuku yang kering dan mengembang keluar, biasanya mengindikasikan adanya kekurangan zat besi pada tubuh. Tak hanya itu, yang lebih berbahaya kuku seperti ini menunjukkan juga adanya gejala gangguan jantung atau gangguan kalenjar tiroid.

 

Gumpalan darah kecil yang berjalan secara vertikal di bawah kuku, menunjukkan adanya  berbagai gangguan pada jaringan ikat yang disebabkan oleh trauma. Tanda-tanda yang diberikan kuku memberikan kewaspadaan dan antisipasi kepada kita terkait penyakit yang ada di dalam tubuh.

 

Selain itu, penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan kuku jari kaki dan jari tangan. Kita bisa memotongnya secara berkala agar selalu bersih. Kemudian pastikan kuku jari tetap kering, karena saat basah akan terjadi penumpukan bakteri. Kontak yang terlalu lama dengan air juga dapat melemahkan kuku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement