Jumat 13 Mar 2015 05:39 WIB

Dokter: Wanita Jangan Menahan Pipis

Rep: C22/ Red: Ilham
Menahan pipis/ilustrasi
Foto: cesnightmare.com
Menahan pipis/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita biasanya sering menahan untuk buang air kecil. Namun, Guru Besar Penyakit Dalam FKUI, Parlindungan Siregar mengatakan, menahan buang air kecil akan menimbulkan infeksi saluran kemih.

Parlindungan menjelaskan, infeksi saluran kemih disebabkan sering menahan keinginan untuk buang air kecil. Ketika seseorang sering menahan, maka orang itu akan terkena penyakit ini. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita dibandingkan pria karena mereka sering menahan perasaan ingin buang air kecil.

Menurut dia, wanita memiliki uretra lebih pendek. Uetra yang pendek ini membuat kuman di anus naik ke atas dan masuk ke ginjal. Ginjal yang terkena kuman akan menginfeksi dan merusak fungsi ginjal.

Parlindungan mengganjurkan para wanita untuk tidak menahan keinginan buang air kecil. Jika menahan keinginan ini, maka bakteri ecoli memiliki kesempatan untuk menginfeksikan ginjal. 

"Jadi untuk wanita jangan nahan-nahan buang air kecil," katanya. Setiap orang harus sering membuang air kecil untuk mencegah penyakit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement