Kamis 12 Mar 2015 20:00 WIB

Lima Faktor Penyebab Kerusakan Ginjal

Rep: C22/ Red: Indira Rezkisari
Ginjal
Ginjal

REPUBLIKA.CO.ID, Ginjal merupakan organ ekskresi dalam tubuh, bentuk organ ini menyerupai kacang. Ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan urin.

Ginjal yang tidak dijaga kesehatannya akan menyebabkan penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal yang parah akan menjadi penyakit ginjal kronis.

Prof. DR. dr. Parlindungan Siregar, Sp. PD-KGH mengatakan jika seseorang tidak menjaga kesehatan ginjal karena pola hidup yang sembarangan, bisa dipastikan ginjalnya akan mengalami kerusakan.

Dokter Parlin memaparkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kerusakan struktur ginjal. Beberapa kerusakan itu dipengaruhi karena protein dalam urin yang menetap, sel darah merah dan lekosit dalam urin yang menetap,

adanya abnormalitas pada USG, CT-Scan, dan MRI, dan juga adanya abnormalitas jaringan ginjal atau biopsi.

"Ginjal yang sehat ditandai dengan tidak adanya kandungan protein dan sel darah merah pada urin," jelas dia di JW Marriot Hotel, Jakarta, Kamis (12/3).

Untuk mencegah terjadinya kerusakan struktur ginjal, Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) ini mengatakan harus dilakukan pengecekan ginjal. Pengecekan ini dilakukan secara berkala jika individu memiliki riwayat penyakit ginjal di keluarganya. Selain pengecekan, juga dibutuhkan asupan air yang cukup

untuk tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement