Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Tahun Baru Imlek

Imlek, Petak Sembilan Ramai Dikunjungi Wisman

Jumat 20 Feb 2015 19:43 WIB

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri

Aneka pernak-pernik Imlek dijajakan oleh pedagang di Kawasan Petak Sembilan, Jakarta, Ahad (25/1). (Republika/ Wihdan).

Aneka pernak-pernik Imlek dijajakan oleh pedagang di Kawasan Petak Sembilan, Jakarta, Ahad (25/1). (Republika/ Wihdan).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Kepala Pengurus Vihara Dharma Bakti Henky Halim, Vihara di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat itu tidak hanya telah dikenal warga Indonesia tetapi mancanegara.

Hal itu bisa dilihat dari pengunjung yang datang silih berganti sejak melakukan ritual penyambutan Imlek.

"Sejak Rabu siang lalu sudah terlihat dari India, beberapa dari Eropa dan pengunjung dari negara lain, saya pikir sudah biasa," ujar Henky di Petak Sembilan, Jakarta Barat belum lama ini.

Dari tahun ke tahun, kawasan tersebut memang semakin dikenal luas tak hanya di dalam negeri. Adapun pengunjung dari nusantara juga tidak hanya berasal dari Jakarta tetapi juga warga berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Beberapa negara yang paling dikenal dengan perayaan Imlek seperti Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam dan Jepang. Sementara di daratan Cina seperti Hongkong, Makau, Taiwan, Singapura, Malaysia, Filiphina, Thailand termasuk Indonesia.

Di negara lain yang juga memiliki populasi suku Han, perayaan tahun baru Imlek telah menjadi tradisi tradisional. Imlek juga termasuk perayaan peradaban terutama di kawasan Asia Timur.

"Sejauh ini situasi aman. Baik pengunjung asal Indonesia maupun mancanegara tidak masalah. Kita berharap tidak ada pihak saling mengganggu," katanya menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA