Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Ini Risiko Jika Terlalu Banyak Tidur (2-habis)

Selasa 17 Feb 2015 04:27 WIB

Rep: C09/ Red: Erik Purnama Putra

Tidur (Ilustrasi)

Tidur (Ilustrasi)

Foto: Foxnews

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sulit untuk menentukan berapa jam yang diperlukan orang dewasa untuk tidur, kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam tidur malam untuk mendapat kondisi tubuh terbaik di keesokan paginya. Tidur cukup disinyalir dapat menghindari kita dari masalah kesehatan.
 
Sedangkan tidur berlebihan, lebih dari sembilan jam sehari, mampu meningkatkan risiko buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Huffington Post, berikut beberapa risiko yang didapat tubuh jika terlalu banyak tidur.
 
 Meningkatkan risiko diabetes
Dalam sebuah penelitian kecil dari Quebec, para peneliti menemukan orang yang tidur lebih dari delapan jam semalam, memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengidap diabetes tipe 2 atau gangguan toleransi glukosa, dibandingkan dengan orang yang tidur antara tujuh sampai delapan jam setiap malam.

Menyebabkan penambahan berat badan
Para peneliti di Quebec selama periode enam tahun menemukan, orang dewasa yang memiliki waktu tidur terlalu pendek atau terlalu panjang, memiliki berat badan berlebih. Orang-orang yang tidur selama sembilan sampai 10 jam setiap malam memiliki kemungkinan 25 persen untuk mendapatkan tambahan lemak bahkan setelah mengendalikan asupan makanan dan aktivitas fisik.

Menyebabkan kematian lebih cepat
Dalam studi di 2010, peneliti menemukan adanya peningkatan risiko kematian pada mereka yang memiliki waktu tidur panjang atau pendek. Tidur lebih dari delapan jam semalam berkaitan dengan risiko 1,3 kali lebih besar mengalami kematian lebih cepat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA