Selasa 17 Feb 2015 04:27 WIB

Ini Risiko Jika Terlalu Banyak Tidur (2-habis)

Rep: C09/ Red: Erik Purnama Putra
Tidur (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sulit untuk menentukan berapa jam yang diperlukan orang dewasa untuk tidur, kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam tidur malam untuk mendapat kondisi tubuh terbaik di keesokan paginya. Tidur cukup disinyalir dapat menghindari kita dari masalah kesehatan.

 

Sedangkan tidur berlebihan, lebih dari sembilan jam sehari, mampu meningkatkan risiko buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Huffington Post, berikut beberapa risiko yang didapat tubuh jika terlalu banyak tidur.

 

 Meningkatkan risiko diabetes

Dalam sebuah penelitian kecil dari Quebec, para peneliti menemukan orang yang tidur lebih dari delapan jam semalam, memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengidap diabetes tipe 2 atau gangguan toleransi glukosa, dibandingkan dengan orang yang tidur antara tujuh sampai delapan jam setiap malam.

Menyebabkan penambahan berat badan

Para peneliti di Quebec selama periode enam tahun menemukan, orang dewasa yang memiliki waktu tidur terlalu pendek atau terlalu panjang, memiliki berat badan berlebih. Orang-orang yang tidur selama sembilan sampai 10 jam setiap malam memiliki kemungkinan 25 persen untuk mendapatkan tambahan lemak bahkan setelah mengendalikan asupan makanan dan aktivitas fisik.

Menyebabkan kematian lebih cepat

Dalam studi di 2010, peneliti menemukan adanya peningkatan risiko kematian pada mereka yang memiliki waktu tidur panjang atau pendek. Tidur lebih dari delapan jam semalam berkaitan dengan risiko 1,3 kali lebih besar mengalami kematian lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement