Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Menurut BPS, Ini Manusia yang Paling tidak Bahagia

Kamis 05 Feb 2015 20:25 WIB

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Indira Rezkisari

Bercerai.

Bercerai.

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Bagi Anda yang sudah menikah, jangan sampai ber cerai . Karena, bercerai terbukti mengurangi kebahagiaan.

Berdasarkan indeks kebahagiaan yang diumumkan Badan Pusat Statistik, orang yang menikah memiliki indeks kebahagiaan di level 68,74. Namun bagi orang yang bercerai dalam hal ini cerai hidup, tingkat kebahagiaannya langsung turun di level 65,04.

"Orang yang mengalami cerai hidup merupakan orang paling tidak bahagia di antara status perkawinan. Ini karena cerai hidup pasangannya masih ada, masih kelihatan. Jadi membuat tidak bahagia," kata kepala bps Suryamin, Kamis (5/2).

Sementara bagi orang yang mengalami cerai mati atau pasangannya meninggal, indeks kebahagiannya berada di angka 65,80.

Indeks kebahagiaan merupakan rata-rata dari angka indeks yang dimiliki oleh setiap individu di Indonesia pada 2014. Semakin tinggi nilai indeks menunjukan tingkat kehidupan yang semakin bahagia. Demikian pula sebaliknya. Semakin rendah nilai indeks maka penduduk semakin tidak bahagia.

Indeks kebahagiaan merupakan indeks yang dihitung menggunakan 10 aspek kehidupan. Misalnya kesehatan, hubungan sosial, ketersediaan waktu luang, dan keharmonisan keluarga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA