Rabu 04 Feb 2015 14:22 WIB

Mari Kenali Metabolisme Tubuh dalam Sepekan (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Metabolisme tubuh setiap orang berbeda-beda, mengetahui pola metabolisme tubuh akan membantu menentukan asupan makanan apa yang paling baik.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Metabolisme tubuh setiap orang berbeda-beda, mengetahui pola metabolisme tubuh akan membantu menentukan asupan makanan apa yang paling baik.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengetahui jenis metabolisme dalam tubuh Anda adalah kunci untuk mengetahui bagaimana Anda harus makan. Sebab, ada metabolisme tubuh yang lebih dominan dipengaruhi protein, karbohidrat, dan campuran keduanya.

Pola makan pun perlu diperhatikan demi keberlangsungan hidup sehat sampai tua. Berikut adalah cara mengenal metabolisme tubuh dalam sepekan yang disarankan sejumlah ahli kesehatan dan bisa menjadi referensi, dilansir dari Body and Soul, Rabu (4/2).

Jumat

Coba lihat tanda-tanda gula tinggi, sembelit, dan kesukaan terhadap makanan manis. Ini adalah gejala bahwa Anda mungkin tipe metabolisme tubuh yang bergantung pada karbohidrat. Judge mengatakan untuk tipe ini, rasio yang baik adalah 25 persen protein, 60 persen karbohidrat, dan 15 persen lemak. Tipe ini cocok untuk diet ala vegetarian dan makan makanan mentah, terutama sayuran berdaun hijau dan buah.

Sabtu

Apakah suasana hari dan energi Anda tidak mudah dipengaruhi oleh makanan? Jika demikian, Anda bearti memiliki tubuh metabolisme campuran yang umumnya minim sekali terkena masalah kesehatan karena makanan. Rasio diet yang baik untuk tipe campuran ini adalah 40 persen protein, 35 persen karbohidrat, dan 25 persen lemak. Jika Anda makan dengan seimbang, Anda akan bebas dari masalah pencernaan.

Ahad

Nah, mulai Ahad, Anda mulai mengonsumsi makanan sesuai tipe diet Anda. Insya Allah, ini akan memberi dampak positif untuk kesehatan. Jika Anda masih terus berjuang dengan kegemukan atau kelelahan, ada baiknya Anda mengunjungi ahli gizi karena mereka akan membantu Anda memahami cara tubuh Anda merespon makanan. Selamat mencoba!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement