Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Ingin Mata Tetap Sehat, Konsumsi Apel Secara Rutin

Rabu 04 Feb 2015 02:45 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Manfaat Apel

Manfaat Apel

Foto: Allwomenstalk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak peduli apel merah, hijau, maupun kuning, Anda harus mulai mengkonsumsi buah ini untuk tetap sehat dan ceria setiap harinya. Ada pepatah yang mengatakan, "Satu buah apel sehari membuat kita jauh dari dokter." Hal tersebut sangat tepat.

Apel diperkaya dengan vitamin esensial dan mineral serta merupakan sumber serat yang sangat baik. Apel sangat enak dan mudah untuk dibawa maupun dikonsumsi untuk menjalani diet di hari Anda yang sibuk.

Berikut ini alasan mengapa Anda harus mulai rutin mengonsumsi buah apel seperti yang dilansir dari Womanitely, Rabu (4/2).

Antioksidan tinggi

Meskipun banyak buah-buahan serta sayur-sayuran yang mengandung antioksidan, namun apel merupakan salah buah yang mengandung antioksidan yang tinggi, yakni quercetin. Kandungan tersebut membantu melawan radikal bebas, meningkatkan sistem imun, dan mencegah berbagai penyakit.

Anda bisa memulai untuk memakan buah apel setiap pagi, menambahkan apel ke smoothie, nyemil ketika makan siang atau sebelum berangkat tidur. Jika Anda termasuk orang yang suka nyemil, mungkin Anda bisa membuat keripik dari apel yang menjadi kudapan sehat dan nikmat.

Menjaga mata tetap sehat

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, apel dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda dengan hanya mengkonsumsi satu buah setiap harinya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi buah yang kaya akan antioksidan seperti apel, memiliki risiko menderita katarak yang lebih kecil. Memiliki kebiasaan mengkonsumsi satu buah apel setiap harinya mulai dari sekarang, mungkin dapat menjauhkan Anda dari katarak di umur 50-an maupun 60-an.

Serat yang tinggi

Selain antioksidan, apel juga merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan dan membuat usus Anda tetap sehat. Serat juga dapat membantu mengkontrol rasa lapar serta membuat Anda kenyang lebih lama. Lebih lanjut, serat yang terkandung dalam apel juga dapat mengurangi kadar kolesterol, mencegah diare dan sembelit.

Apel membantu detoks hati

Banyak orang yang berbicara tentang diet detoks, namun Anda tidak boleh mencoba hal tersebut sebelum berkonsultasi dengan dokter. Mungkin Anda memiliki kesulitan untuk tetap di program diet namun Anda bisa menjaga hati tetap sehat dengan mengkonsumsi apel setiap harinya.  Ketika hati Anda sehat, Anda dapat terhindar dari racun berbahaya tanpa perlu mengkonsumsi bubuk maupun minuman pendetoks.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA