Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Listrik Mati, Jangan Buka Freezer untuk Lindungi ASI!

Senin 02 Feb 2015 16:58 WIB

Red: Winda Destiana Putri

ASI perah dalam freezer (Ilustrasi)

ASI perah dalam freezer (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemadaman listrik bergilir masih sering terjadi. Apakah Anda menyimpan ASI perah di dalam freezer?

Diana West, penulis The Womanly Art of Breastfeeding, 8th Edition dari La Leche League International mengatakan apa yang harus dilakukan jika listrik mati, seperti dikutip dalam www.parentsindonesia.com.

Saat listrik mati

Jangan membuka freezer! ASI bisa tetap membeku di dalamnya sampai dengan 48 jam, selama pintunya tetap tertutup. Kemudian, letakkan kantung atau botol susu di dalam tas dengan ristleting, lalu masukkan ke dalam kotak pendingin yang diisi es batu, jika listriknya tetap mati selama dua hari.

Anda bisa bertanya pada toko, restoran, bahkan markas pemadam kebakaran yang ada di dekat rumah Anda, apakah mereka memiliki generator cadangan dan apakah Anda bisa menitipkan ASI untuk disimpan dalam freezer mereka.

Saat listrik kembali menyala

Bekukan lagi sebagian ASI yang sudah dicairkan. Jika susu sudah benar-benar cair tapi tidak tercium bau anyir, bayi boleh-boleh saja meminumnya dalam jangka waktu sehari, kata West. "ASI memiliki sel hidup aktif yang memerangi pertumbuhan bakteri. Nyatanya, karena ASI tidak dipasteurisasi, ASI menjadi lebih resisten terhadap bakteri daripada susu sapi," kata West menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA