Jumat 30 Jan 2015 15:14 WIB

Pestisida Bisa Sebabkan Autisme Anak

Rep: C09/ Red: Indira Rezkisari
Hasil panen sayur organik (ilustrasi)
Foto: mediaindigena.com
Hasil panen sayur organik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pestisida merupakan zat kimia yang tidak baik bagi tubuh manusia jika sampai terkonsumsi. Tak hanya menyebabkan kanker, obesitas dan diabetes juga mengintai bila makanan terlalu banyak terpapar pestisida.

Berikut sejumlah efek jahat lain yang berpotensi dialami manusia jika mengonsumsi pestisida secara berkelanjutan, seperti dilansir Natural Society, Jumat (30/1).

 

Infertilitas dan kelahiran cacat

Salah satu efek negatif yang paling terkenal dari pestisida adalah infertilitas, atau ketidaksuburan rahim. Pestisida jenis atrazin merupakan penyebab utama turunnya kadar hormon testosteron pada pria.

 

Atrazin juga sebaiknya dihindari ibu hamil. Pasalnya zat ini merupakan penyebab terjadinya cacat kelahiran. Zat tersebut dapat ditemukan di rumput-rumput dan air-air keran, sedangkan untuk jenis pertaniannya, dapat ditemukan di pertanian stroberi dan apel.

Autisme

Bahan kimia, seperti pestisida akan mempengaruhi fungsi neurologis anak sehingga dapt menyebabkan autisme. Untuk menghindari ini, para orang tua disarankan untuk menghindari makanan berpestisida dengan membeli makanan organik.

Selain itu, penggunaan pestisida juga sebaiknya dihapus dari penggunaan sehari-hari di rumah karena akan berdampak lebih buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement