Ahad 04 Jan 2015 18:51 WIB

Lima Makanan ini Bisa Mengganggu Tidur Nyenyak Anda

Rep: CR 05 / Red: Hazliansyah
Tidur nyenyak (ilustrasi)
Foto: WIN MENTAL HEALTH
Tidur nyenyak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Sulit memejamkan mata di malam hari terkadang menyerang satu diantaran kita. Dan tidak jarang mengonsumsi camilan menjadi solusi. Namun hati-hati, ternyata ada beberapa makanan yang justru dapat mempersulit tidur Anda.

Dilansir dari caring.com, beberapa makanan ini bisa mengganggu kenyamanan istirahat di malam hari. Pertama yaitu daging asap yang diawetkan. Ham, bacon, sosis, dan daging asap mengandung kadar tinggi dari asam amino. Hal ini memicu otak untuk melepaskan norepinefrin, stimulus otak yang membuat kita merasa waspada.

Kedua, coklat. Banyak orang sebetulnya sudah semakin senstif terhadap kafein, terutama disebabkan faktor usia. Bahkan potongan kecil coklat dalam es krim cukup mampu mencegah Anda untuk tidur. Cokelat juga mengandung asam amino dan tirosin.

Ketiga, minuman energi. Dikarenakan minuman energi memiliki kandungan kafein tinggi serta asam amino taurin yang dapat meningkatkan kewasapadaan dan adrenalin seseorang. Maka tidak heran orang bisa terjaga semalaman suntuk sehabis mengonsumsi minuman energi.

Keempat saus tomat dan cabai, pizza, serta makanan pedas. Gangguan pencernaan merupakan sumber umum dari masalah susah tidur. Makanan asam dan pedas dapat menyebabkan refluks, mulas, dan gejala lain yang bisa mengganggu tidur nyenyak.

Kelima, satu atau dua kali minum mungkin dapat membuat Anda merasa lebih santai setelah makan malam. Namun beberapa jam kemudian minuman itu bisa membuat Anda kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak. 

Dalam hal ini misalnya alkohol, juga akan mengganggu istirahat Anda jika seringkali ingin buang air kecil. Wine atau minuman anggur juga mengandung tirosin yang tinggi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement