Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Awas, Jus Buah 'Sehat' Sama Bahayanya dengan Soda

Rabu 31 Dec 2014 07:15 WIB

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri

Waspada jus sehat berpotensi ganggu kesehatan

Waspada jus sehat berpotensi ganggu kesehatan

Foto: NYCPost

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebagian besar orang mengangggap jus buah adalah sehat. Namun menurut salah satu studi penelitian yang dilansir Independent, Rabu (31/12) mengungkapkan bahwa jus buah tak ubahnya sama dengan bahaya gula dalam kandungan mimuman soda, sebut saja seperti coca cola.

Sebuah analisis yang dilakukan terhadap 200 jenis jus buah oleh satuan kelompok aksi kesehatan gula memberikan fakta lebih dari seperempat dari minuman yang diuji tersebut terbukti mengandung banyak gula laiknya segelas coca cola.

Survei melihat secara khusus pada kasus minuman jus yang dipasarkan pada anak-anak dengan pemakaian istilah 'paket makanan sehat'. Namun menurut Profesor Graham MacGregor Ketua dari satuan aksi kesehatan gula ini mengatakan, itu justru merupakan skandal berbahaya bagi anak-anak.

"Ini adalah skandal pemasaran lengkap kepada anak-anak dan orang tua seolah-olah agar mereka 'sehat' ini harus dihentikan," kata Profesor Graham.

Dikatakan lebih lanjut, obesitas di luar kendali juga harus segera dihentikan di Inggris. Sementara Ahli jantung Aseem Malhotra memperingatkan bahwa selain kerusakan gigi, ada semakin banyak bukti ilmiah bahwa konsumsi minuman manis secara teratur dapat meningkatkan risiko diabetes tipe dua dan penyakit jantung.

"Mau diet seimbang yang sehat tidak harus mengonsumsi jus buah," katanya.

Di sisi lain Asosiasi Soft Drink British berpendapat, rata-rata konsumsi jus di Inggris per harinya hanya 45 ml per orang. "Jus buah adalah kontribusi yang bermanfaat, tapi rekomendasi kami hanya 150 ml perhari," kata dia.

Di samping itu, satuan aksi kesehatan Gula mengimbau produsen agar mengurangi kadar gula pada jus buah yang dipoduksinya. Graham berharap pemerintah dapat mengabulkan usulannya agar mengabarkan pada masyarakat terkait segelas kecil jus buah tanpa gula serta buah murni dan sayuran dapat dijadikan asupan yang lebih sehat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA