Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Makanan yang Harus Dihindari Ketika Menstruasi

Rabu 10 Des 2014 19:38 WIB

Rep: MGROL31/ Red: Winda Destiana Putri

Saat menstruasi lebih baik hindari es krim

Saat menstruasi lebih baik hindari es krim

Foto: Allwomenstalk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi wanita, saat menstruasi merupakan saat-saat membuat mood menjadi rusak. Keram perut yang menyakitkan, suasana hati yang tidak enak, bahkan perasaan kembung dapat membuat saat datang bulan Anda menjadi buruk.

Akan tetapi, percayakah Anda bahwa makanan dan minuman memiliki peran yang sangat besar dalam kasus ini? Berikut ini merupakan makanan yang harus dihindari ketika Anda mengalami menstruasi seperti yang dilansir dari Allwomenstalk, Rabu (10/12):

Daging Berlemak

Lemak yang berasal dari daging kebanyakan merupakan lemak jenuh yang dapat memicu rasa sakit dan peradangan. Hal tersebut menjadikan daging berlemak sebagai nomer satu dari makanan yang harus dihindari. Jika Anda tidak bisa menahan keinginan untuk mengkonsumsi daging, Anda bisa memilih daging tanpa lemak atau ikan yang justru lebih sehat.

Es Krim

Terkadang es krim dikonsumsi karena dipercaya membuat mood Anda lebih baik, namun hal ini justru berbanding terbalik saat Anda mengalami menstruasi. Kandungan lemak yang tinggi dalam es krim memiliki efek yang sama seperti daging berlemak.  Jika Anda benar-benar menginginkan es krim, pilihlah es krim non diary tanpa tambahan gula.

Makanan Ringan

Makanan ringan terkadang dipilih karena kepraktisannya dan rasanya yang enak. Namun, kandungan sodium yang tinggi pada makanan seperti snacks, keripik, maupun makanan kaleng dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan perut Anda kembung. Jika Anda tetap ingin nyemil, pilihlah kacang tanpa garam ketimbang snacks berbumbu.

Kafein

Jika Anda seorang coffe-addict, tentu ini merupakan salah satu yang tidak bisa Anda lepaskan pada beberapa hari. Kafein dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi. Selain itu kafein juga dapat memperparah keram menstrual karena membuat Anda sulit untuk tidur dan membuat depresi. Tidak hanya kopi, Anda juga harus menghindari minuman berenergi yang memiliki kandungan kafein.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA