Rabu 03 Dec 2014 11:42 WIB

Animasi Bantu Permudah Pemeriksaan Medis Anak-Anak

Dokter
Dokter

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Coba bayangkan bagaimana perasaan seorang anak berusia sembilan tahun dengan potensi kanker otak ketika ia dibawa ke mesin MRI.

Coba pula bayangkan reaksinya saat serangkaian ledakan keras berkumandang di sekitar dia saat ia duduk sementara tabung plastik putih cuma berjarak beberapa sentimeter dari wajahnya. Ia tidak bisa duduk, tak bisa menggoyangkan tubuh, tak bisa bergerak sama sekali.

Itu masalah ingin David Mathieu --pendiri dan pemilik Bear Facts Entertainment-- selesaikan. Dan hasil dari upayanya, mesin yang diberi nama Illuminations Motions, saat ini terpasang dalam pertemuan tahunan ke-100 Radiological Society of North America (RSNA) di McCormick Place di Chicago, yang berlangsung dari 30 November sampai 5 Desember.

Mesin tersebut menggunakan proyektor untuk menghiasi interior dan eksterior setiap mesin rumah sakit yang kelihatan menakutkan dari produsen mana saja.

Proyektor itu membuat anak kecil dan orang dewasa bisa memilih video animasi yang mereka fikir bisa membuat mereka merasa santai atau menenangkan mereka saat mereka menjalani prosedur yang membuat takut di dalam mesin yang asing.

Memilih satu animasi sederhana; satu iPad atau iPhone memberi pasien pilihan mengenai latar balakang apa yang mereka inginkan buat lelaki, perempuan, anak lelaki atau anak perempuan, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu. Latar belakang yang tersedia adalah gelembung, ladang rumput luas, atau bahkan bendera raksasa Amerika.

"Anak-anak sangat sensitif, mereka ingin bisa memilih sesuatu ... mereka sangat takut, sangat gugup, dan itu biasanya bukan sesuatu yang bagus," kata Mathieu.

"Orang bisa melihat seringai tipis muncul di wajah mereka, mereka memandangnya sebagai sejenis permainan video dan sekarang mereka memusatkan perhatian pada animasi tersebut, bukan pada mesin, atau potongan alat yang ada di sana," katanya.

Menurut Mathieu, itu berhasil. "Angka pembatalan telah turun 50 persen dan angka bujukan telah terpangkas sampai 63 persen. Bukan hanya buat pasien, tapi bahkan Kepala Petugas Keuangang telah mengatakan betapa berharganya ini."

Mesin itu berusia empat bulan dan sudah ditampilkan di banyak pertunjungan dagang dan dipasang di ruang pemeriksaan. Mathieu menekankan bahwa itu cocok dengan mesin apa pun dan produsen mana pun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement