Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Makan Sebelum Beraktivitas Bantu Kurangi Rasa Kantuk

Selasa 02 Dec 2014 08:18 WIB

Red: Indira Rezkisari

Mengantuk/ilustrasi

Mengantuk/ilustrasi

Foto: Wihdan Hidayat/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Musim hujan seringkali membuat orang mengantuk, tak terkecuali di jam-jam kerja. Untuk mengurangi rasa kantuk ini, ahli nutrisi menyarankan Anda untuk makan sebelum memulai aktivitas harian.

"Yang membuat kita mengantuk adalah apabila oksigen di otak berkurang. Ini dapat diakibatkan saat kita terlambat makan atau bahkan makan terlalu kenyang atau terlalu berat sehingga pemakaian oksigen lebih diutamakan untuk sistem pencernaan," ujar ahli nutrisi dari SlimGourmet, Vien Karina V., S.Gz.

Oleh karena itu, Vien mengatakan, untuk mengurangi rasa kantuk ini, sebaiknya memastikan diri makan pagi sebelum memulai aktivitas.

Dia menyarankan agar makan secukupnya dan menghindari makanan yang terlalu berat. Misalnya, makan yang mengandung santan, gorengan, makanan tinggi karbohidrat, atau bahkan kombinasi ketiganya. Hal ini berlaku juga saat makan siang.

Vien mengungkapkan, rasa kantuk terutama di musim penghujan diakibatkan bukan hanya karena cuaca dingin tetapi juga ambience dari musim hujan misal suasana temaram dan suara rintik hujan yang mampu memasukkan kita ke dalam fase rileks.

Lebih lanjut, menurut dia, keinginan untuk tidur berkaitan dengan hormon melatonin. Vien menuturkan, ketika sinar matahari mengenai saraf optik, hormon melatonin akan berkurang, maka kita akan terjaga.

"Sebaliknya pada musim hujan ketika sinar matahari lebih jarang, sekresi hormon melatonin akan meningkat dan hasilnya kita akan merasa mengantuk," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA