Senin 24 Nov 2014 08:01 WIB

Bayi Tabung dengan Harga Lebih Terjangkau

 Salah satu bayi tabung yang masih ditempatkan di inkubator di ruang persalinan anak di Rumah Sakit Bhayangkara Kediri, Jawa Timur, Rabu (3/9).    ( Antara/Rudi Mulya)
Salah satu bayi tabung yang masih ditempatkan di inkubator di ruang persalinan anak di Rumah Sakit Bhayangkara Kediri, Jawa Timur, Rabu (3/9). ( Antara/Rudi Mulya)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan suami-istri yang sangat mendambakan kehadiran "si kecil" namun kesulitan mewujudkan karena biaya bayi tabung mahal, dapat menimbang penawaran ini.  RS Daya Medika menawarkan paket bayi tabung yang terjangkau untuk masyarakat.

"Kami menawarkan paket bayi tabung yang terjangkau yakni Rp 30 juta per siklus," ujar Direktur Daya Medika, dr Hasan MARS, dalam acara peringatan ulang tahun ketiga rumah sakit itu, di Jakarta, Ahad (23/11). Rata-rata biaya paket bayi tabung di Tanah Air adalah Rp 40 juta hingga Rp 50 juta persiklus.

Hasan menambahkan pihaknya bekerja sama dengan PT Ingin Anak, menerapkan metode Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive. Technology (SMART). "Makanya kami bisa dengan harga segitu, karena dengan menggunakan metode SMART."

Pakar bayi tabung di rumah sakit itu, dr Budi Wiweko SpoG (K), mengatakan, paket itu termasuk stimulasi induk, pemantauan pertumbuhan, mematangkan sel telur, pengambilan sel telur, pengambilan sperma suami, pembuahan, transfer embrio, dan lainnya.

"Masyarakat tidak perlu lagi ke luar negeri untuk bayi tabung, karena harganya lebih murah," kata Wiweko. Dia menjelaskan tingkat kegagalan dari program bayi tabung mencapai 40 persen. Terdapat empat juta pasangan tidak subur di Tanah Air. Lima persen di antaranya bisa diatasi dengan bayi tabung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement