Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Menu Makan Malam Sehat untuk Anak

Ahad 23 Nov 2014 18:31 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri

Smoked salmon

Smoked salmon

Foto: Allwomanstalk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bingung mau kasih anak Anda makan malam apa? Sudah kehabisan ide? Mungkin Anda bisa coba tujuh menu makan malam sehat untuk anak seperti dilansir dalam laman Allwomenstalk, Ahad (23/11).

Tapi yang penting diingat jika ingin memberikan makanan sehat untuk anak, haruslah makanan yang akrab dengan mereka, selain itu hal penting lainnya makanan tersebut harus menyehatkan.

Nugget ayam

Banyak dari anak-anak yang sangat menyukai menu ini. Bugget ayam bila digoreng garing akan menambahkan nafsu makan anak-anak. Ada baiknya, bila Anda membuat sendiri nugget ayam tersebut dibandingkan harus membelinya di supermarket. Pasalnya, Anda akan lebih tahu kondisi kebersihan dan gizi yang Anda berikan kepada mereka. Lagipula cara membuat nugget ayam itu simpel dan mudah, potong bagian dada ayam menjadi beberapa bagian, lapisi ayam dengan tepung roti dan kemudian masak sampai matang.

Stick ikan

Pada dasarnya membuat stick ikan ini sama dengan nugget ayam. Karena sebenarnya makanan ini sama saja, hanya beda di bagian isinya. Kalau stick ikan adalah ikan yang dilapisi tepung roti, sedangkan nugget ayam, adalah ayam yang berlapis tepung roti. Caranya sama dengan cara membuat nugget ayam. Pilih ikan yang lembut seperti tilapia (nila), kemudian kuliti. Potong ikan menyerupai ikan fillet sesuai ukuran sticknya. Gulingkan ikan diatas tepung roti dan masaklah. Anda dapat menggunakan beberapa tambahan lain. Misalnya remah-remah roti dengan sedikit tambahan tepung atau keripik jagung yang dihancurkan.

Salmon dan kentang goreng manis

Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki daging berwarna merah. Itu artinya ikan ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan baik untuk otak anak. Tapi, apakah anak Anda mau makan ikan salmon? Nah disinilah tantangan buat Anda. Anda harus mampu membuat sajian yang menarik agar anak mau mengonsumsinya. Coba gunakan keju lembut yang dilelehkan diatasnya atau lapisi dengan saus barbekyu. Atau bisa juga disediakan saus ranch, yaitu saus yang dibuat dari mayones dan buttermilk yang diberi herbal kering dan bumbu. Sajikan dengan kentang goreng yang rasanya manis. Dengan begitu Anda juga memberikan nutrisi yang baik untuk anak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA