Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Ini Dia Manfaat Baik Punya Hewan Peliharaan (1)

Jumat 14 Nov 2014 09:49 WIB

Red: Indira Rezkisari

Petugas melakukan perawatan dan penitipan hewan kepada sejumlah kucing yang dititipkan pemiliknya di Pondok Pengayom Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, (26/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Petugas melakukan perawatan dan penitipan hewan kepada sejumlah kucing yang dititipkan pemiliknya di Pondok Pengayom Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, (26/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki hewan peliharaan ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (14/11), hewan peliharaan bisa menaikkan rasa percaya diri manusia. Sekaligus mengurangi perasaan negatif yang dimiliki diri.

Berikut beberapa cara hewan peliharaan bisa bermanfaat banyak bagi pemiliknya. Cara-cara ini juga sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah.

1. Meningkatkan rasa percaya diri
Studi dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan kalau pemilik hewan peliharaan menunjukkan rasa percaya diri yang lebih kuat dibanding yang tidak punya hewan peliharaan. Pemilik hewan juga lebih extrovert dan tidak terlampau banyak takut, dibanding mereka yang tidak punya hewan peliharaan.

2. Mengurangi risiko alergi
Memiliki hewan peliharaan tidak membuat pemiliknya lebih rentan terkena alergi. Kenyataannya, studi menunjukkan paparan terhadap hewan peliharaan sejak usia dini justru mengurangi risiko alergi hewan saat dewasa. Dalam penelitian yang dilakukan dengan orang dewasa muda, diketahui mereka yang punya hewan peliharaan di rumah saat kecil sekitar 50 persen cenderung tidak memiliki reaksi alergi terhadap hewan.

3. Mengurangi perasaan negatif
Memikirkan seorang teman bisa membantu seseorang mengurangi perasaaan negatuf setelah mengalami sebuah pengalaman sosial yang buruk. Memikirkan tentang hewan peliharaan bisa memiliki efek yang sama.

Dalam studi yang dilakukan tahun 1997 terhadap pemilik hewan peliharaan, peserta studi diberi paparan pengalaman sosial yang negatif. Mereka kemudian diminta menuliskan tentang sahabat mereka, hewan peliharaan, atau menggambar peta tentang kampus mereka.

Studi ini lalu menunjukkan peserta studi yang menulis tentang hewan peliharaan atau sahabat mereka menunjukkan nol perasaan negatif dan bahagia, meski baru saja mengalami pengalaman sosial yang negatif.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA