Jumat 17 Oct 2014 10:00 WIB

Tidur dengan Gigi Palsu Tingkatkan Risiko Pneumonia

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Gigi palsu (ilustrasi)
Gigi palsu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Informasi berikut penting untuk diketahui oleh para pengguna gigi palsu, khususnya kakek dan nenek Anda di rumah. Tahukah Anda? Tidur dengan tetap mengenakan gigi palsu meningkatkan risiko pneumonia dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan melepasnya sebelum istirahat di malam hari.

Pneumonia adalah sakit radang paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Penelitian ini diterbitkan di Journal of Dentral Research. Riset ini melibatkan 500 orang dewasa di atas 85 tahun selama periode tiga tahun.

Dilansir dari Newsmax Health, Jumat (16/10), para peneliti mencatat 48 kematian di ruang rawat inap terkait dengan penumonia. Sebanyak 186 responden membiasakan tetap mengenakan gigi palsunya ketika tidur. Mereka 2,3 kali lipat lebih berisiko menderita penyakit organ pernapasan ini.

Gigi tiruan cenderung bersentuhan sering dengan lidah dan plak. Ini bisa menyebabkan radang gusi dan masalah mulut lainnya sehingga menyebabkan infeksi yang akhirnya melibatkan paru-paru. Peneliti menyarankan Anda untuk mencopot gigi palsu dan merendamnya di dalam gelas sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement