Ahad 05 Oct 2014 03:31 WIB

Penggemar Film Aksi Miliki Kebiasaan Ngemil?

Rep: mutia ramadhani/ Red: Taufik Rachman
Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya
Foto: loseweightfast.net
Keinginan ngemil bisa dikendalikan asal tahu kiatnya

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Penggemar film-film aksi akan memiliki kebiasaan makan kudapan lebih cepat ketimbang mereka yang menonton film biasa. Ini berdampak pada meningkatnya risiko kegemukan pada orang tersebut.

Sebuah studi di AS melibatkan masing-masing 94 relawan mahasiswa acak yang dan diminta menonton sejumlah film aksi, seperti 'the Island' dan kelompok lainnya menonton acara talk show 'Charlie Rose.' Kedua kelompok disediakan berbagai makanan ringan yang tidak terbatas.

Hasilnya? Orang-orang yang suka menonton film aksi 65 persen lebih banyak makan makanan berkalori ketimbang mereka yang  menonton talk show. Dilansir dari NHS, Ahad (5/10), peneliti membahas bahwa hipotesis variasi visual dan audio pada film 'the Island' (film garapan sutradara 'Transformers,' Michael Bay) dapat mengganggu, sehingga membuat penonton tidak menyadari sudah berapa banyak mereka ngemil.

Penelitian ini mengingatkan kita bahwa bagaimanapun kita perlu memperhatikan apa yang kita makan, termasuk makanan yang kita konsumsi dikala konsentrasi kita terfokus pada hiburan, seperti film. Anda perlu memperhatikan asupan kalori harian Anda.

Penelitian ini dilakukan para peneliti dari Cornell University di New York dan Vanderbilt University di Nashville. Pada kedua kelompok partisipan, ternyata pria lebih sering ngemil ketimbang perempuan.

Peneliti merekomendasikan Anda untuk rutin melakukan aktivitas fisik, seperti olah raga sebanyak 150 menit alias 2,5 jam dalam sepekan, serta makan sehat, dan diet seimbang. Jika Anda berniat menurunkan berat badan, maka ide terbaik adalah menghapus makanan ringan dan menggantinya dengan buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement