Selasa 16 Sep 2014 10:15 WIB

Bahaya! Jangan Pernah Konsumsi Suplemen Ini Bersamaan (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Obat, vitamin dan suplemen (ilustrsi).
Foto: Republika/Prayogi
Obat, vitamin dan suplemen (ilustrsi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ROLers, Anda mungkin sudah rutin mengonsumsi suplemen tertentu untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Namun, tahukah Anda, bahkan suplemen yang paling umum sekalipun bisa menimbulkan reaksi negatif dalam tubuh jika dicampur dengan obat atau suplemen lainnya.

Sembarangan mencampur suplemen yang satu dengan lainnya karena itu tidak direkomendasikan. Termasuk, tidak mengkonsumsi sejumlah suplemen secara bersama.

Sebelum menenggak suplemen, perhatikan dulu suplemen tersebut. Berikut yang perlu diperhatikan seperti dilansir dari laman Health, Selasa (16/9).

1. Minyak ikan

Jangan sekalipun mengonsumsi minyak ikan ketika Anda mengonsumsi obat penurun tekanan darah, sebab campuran keduanya akan menurunkan tekanan darah Anda terlalu banyak.

Jika tercampur dengan pil KB, maka akan mengganggu efek trigliserida penurun kualitas minyak ikan. Mengambil dosis tinggi minyak ikan dengan obat lain, termasuk ginko yang tujuannya memperlambat pembekuan darah, justru akan menyebabkan pendarahan.

2. Kalsium

Kalsium akan mengurangi kemampuan penyerapan obat, termasuk obat osteoporosis yang dikenal sebagai bifosfonat. Jika tercampur dengan antibiotik mengandung tetrasiklin dan kuinolon, seperti Cipro, serta levothyroxine maka bisa menyebabkan hipotiroidisme atau penurunan signifikan dari hormon tiroid Anda.

3. Echinacea

Kemampuan Echinacea untuk merangsang sistem kekebalan tubuh justru dapat berbalik menurunkan kekebalan tubuh jika tercampur dengan obat, seperti prednison steroid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement