Selasa 09 Sep 2014 06:53 WIB

Mau Hemat Meski Hidup Organik, Ini Caranya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Sayuran organik
Foto: Prayogi/Republika
Sayuran organik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan organik identik dengan harganya yang mahal. Pengobatan alternatif tidak selalu dijamin asuransi.

Dengan strategi berikut, Anda tetap bisa menghemat pengeluaran namun tetap dengan prinsip hidup hijau, go green atau go organik, dilansir dari Health.com, Selasa (9/9).

1. Makanan sederhana dan alami

Ketimbang menghabiskan ratusan ribu hanya untuk makan Tuscan Chicken Stew, Anda bisa mengolah ayam dengan resep keluarga. Ini lebih murah ketimbang makanan berbahan ayam lainnya.

2. List makanan organik

Hidup organik bukan bearti semua makanan yang Anda beli harus berlabel organik. Menurut Environmental Working Group, sebuah perusahaan nirlaba yang meneliti bidang lingkungan, buah persik, apel, paprika manis, seledri, nektarin, stroberi, ceri, selada, anggur impor, pir, bayam, dan kentang mengandung pestisida paling banyak. Oleh karenanya, Anda tak salah jika membeli jenis-jenis tersebut dengan label organik.

Bagaimana dengan ayam, telur, pisang, dan buah serta sayur lainnya? Anda bisa membeli jenis reguler di pasar atau swalayan.

3. Perawatan rambut natural

Daripada harus ke salon atau membeli berbagai kondisioner mahal hanya untuk mengatasi rambut rontok, mengapa tidak Anda mencoba memetik lidah buaya di kebun atau membeli sepapan tanaman lidah buaya kemudian mengolahnya untuk perawatan kulit kepala Anda? Ini akan menghemat jumlah uang Anda cukup besar.

4. Masker wajah alami

Daripada pergi ke salon dan menghabiskan banyak uang Anda untuk perawatan kecantik dengan berbagai bahan kimia, lebih  baik Anda mengolah cranberry untuk mengobati kulit kering terkelupas, atau menggunakan masker alpukat untuk mengencangkan kulit Anda. Cobalah hal mudah ini setidaknya dua kali dalam sebulan, maka dompet dan wajah Anda akan sama cantiknya.

5. Kurangi spa mahal

Siapa bilang Anda harus menghabiskan berjuta-juta rupiah untuk memanjakan diri di pusat spa? Anda bisa membuat spa sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami warisan nenek moyang kita di Indonesia.

 

Ikuti informasi terkini seputar sepak bola klik di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement