Rabu 06 Aug 2014 10:19 WIB

Kenali Tipe Kulit dan Cara Perawatannya (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Perawatan wajah
Foto: Republika/Prayogi
Perawatan wajah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- ROLers, berapa kali Anda membaca artikel tentang perbedaan jenis kulit dan mempertimbangkan jenis apakah yang Anda miliki? Apakah Anda selama ini melakukan perawatan kulit berdasarkan jenis kulit Anda? Sangat muda untuk membeli produk-produk kecantikan kulit terbaru dan mahal, mulai dari pembersih wajah dengan botol-botol cantik dan merek terkenal, namun benarkah itu yang kulit Anda butuhkan?

Itulah sebabnya kita akan membahas lima tipe dasar kulit dan bagaimana merawatnya. Sebab, tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat aset terbesar tubuh Anda jika Anda bersungguh-sungguh. Hasilnya akan terungkap lebih cepat dari yang Anda pikirkan.

Dilansir dari the Fashion Spot, Rabu (6/8), ada tes sederhana yang akan membantu Anda mengetahui jenis kulit apa yang Anda miliki. Ahli kecantikan dunia, Rona Berg menguraikan metode sederhana dalam bukunya berjudul 'Beauty: The New Basics.'

Mulailah dengan mencuci wajah Anda dimalam hari untuk menyingkirkan kotoran make up, minyak, serta debu. Keringkan lalu tunggu selama satu jam untuk memberika kulit Anda waktu menjadi benar-benar netral.

Ambil kain pembersih lensa atau kertas minyak, kemudian sapukan ke wajah Anda. Periksa kertas tersebut. Jika kertas hanya sedikit berminyak, lebih banyak tidak, maka kulit Anda normal. Jika di kertas itu terdapat serpihan-serpihan kecil kulit, maka itu jenis kering.

Jika T-zone Anda (pertengahan dahi, hidung, pipi atas, dan dagu) dijumpai berminyak, namun sisa wajah lainnya tidak, maka Anda mempunyai kulit kombinasi. Jika minyak terdapat di seluruh bagian wajah Anda, maka ya, wajah Anda adalah tie berminyak.

Kulit tipe sensitif akan meninggalkan Anda dengan selembar kertas minyak yang bersih. Namun, kulit sensitif sangat rentang terhadap jerawat dan ruam apabila terjadi perubahan tipe kosmetik atau produk perawatan kulit. Pada pembahasan berikutnya kita akan membahas bagaimana melakukan perawatan kulit berdasarkan tipe yang Anda miliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement