Senin 04 Aug 2014 17:03 WIB

Ini Penyakit yang Harus Diwaspadai Setelah Lebaran

Nyamuk demam berdarah.
Foto: AP
Nyamuk demam berdarah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Ari Fahrial Syam mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai berbagai penyakit setelah Lebaran.

"Perlu diwaspadai penyakit yang dibawa oleh binatang seperti tikus. Biasanya petugas kebersihan juga libur, sehingga sampah menumpuk dan jadi sarang penyakit," ujar Ari di Jakarta, Senin.

Keadaaan tersebut menyebabkan lebih banyak lalat pada sampah yang bertumpuk tersebut, tikus-tikus akan lebih banyak berkeliaran karena begitu banyak sampah yang menumpuk, selain juga nyamuk akan lebih banyak.

"Tentunya binatang-binatang yang membawa bibit penyakit akan membawa dampak juga bagi kesehatan kita," kata dia.

Lalat membawa berbagai penyakit infeksi usus, baik yang hanya diare sampai yang berat seperti demam thypoid. Tikus merupakan vektor yang penting untuk terjadi penyakit demam kuning atau leptospirosis.

Begitu juga dengan nyyamuk terutama yang berada sekitar rumah tentu akan menjadi sumber penyakit jika nyamuk tersebut merupakan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DHF.

"Oleh karena itu tetap harus diperhatikan kebersihan di dalam dan sekitar rumah," imbuh dia.

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari air-air tergenang yang potensial tempat hidupnya jentik nyamuk pembawa virus maut tersebut.

"Ingat demam berdarah merupakan penyakit endemis di kota-kota besar di Indonesia, sehingga potensi terjangkitnya masih tinggi," ujar di

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement