Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Yuks, Beburu Cinderamata Unik Khas Bali Saat Liburan Sekolah

Jumat 06 Jun 2014 14:42 WIB

Red: Nidia Zuraya

Kerajinan Bali

Kerajinan Bali

Foto: Republika/Nina Chaerani

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Masa liburan sekolah tak lama lagi akan tiba. Untuk menyambut musim liburan sekolah kali ini para perajin di Bali membuat aneka jenis cinderamata sebagai barang seni untuk djadikan sebagai oleh-oleh bagi masyarakat yang berkunjung ke Pulau Dewata.

"Hal itu dilakukan karena kerajinan Bali selalu dicari wisatawan saat berliburan ke Bali, karena rancangannya bercirikan kekhasan seni budaya yang tumbuh kental di daerah ini," kata Made Sudiana, pengusaha dan eksportir aneka kerajinan Bali di Denpasar, Jumat (6/6).

Perajin Bali siap menyambut kedatangan wisatawan nusantara terutama para pelajar yang akan berlibur ke Bali dengan menyuguhkan berbagai macam pernak-pernik unik buatan perajin setempat. Pengusaha sudah siap dengan aneka barang kerajinan yang bernilai seni unik dengan harga yang terjangkau yang diperuntukkan kepada sebagian besar masyarakat pelancong dalam negeri yang berlibur di Bali dengan jumlah yang dapat dipastikan akan bertambah banyak dalam menyambut liburan sekolah di tanah air.

Semua pihak memperkirakan wisatawan dalam negeri akan lebih ramai ke Bali setelah bekerja keras sepanjang tahun ajaran untuk dapat menikmati liburannya dan mereka itu tentu akan memerlukan pernak-pernik kerajinan Bali sebagai barang koleksi sendiri maupun untuk oleh-oleh kepada teman-temannya yang belum pernah ke Pulau Dewata.

Made Sura pedagang aneka kerajinan Bali lainnya di Sukawati, mengkhawatirkan walau turis dalam negeri ramai ke Pulau Dewata, toko-toko yang menjual barang kerajinan di pasar tradisional ini akan sepi pengunjung mengingat pemerintah sudah mengeluarkan izin kepada toko oleh-oleh khas Bali tersebar di berbagai tempat startegis.

Namun demikian, para pedagang kecil tetap berharap kecipratan pembeli atau dikunjungi turis dalam negeri yang datang umumnya dari kota-kota besar di Jawa, mengingat perajin Bali sejak dini mempersiapkan aneka barang kerajinan unik menyambut liburan para pelajar. "Pelancong dalam negeri biasanya ramai saat musim liburan sekolah," kata Made Sura.

Menurut Made, Harga pernak pernik Bali yang diproduksi relatif terjangkau, seperti kalung, gelang, bros, dan sabuk yang dibuat sesuai selera anak muda. Disamping itu dibuat juga berbagai jenis Frame Foto Kerang, Album Foto, dompet maupun tempat Hp yang merupakan kerajinan tangan dari para perajin Bali yang unik dan kreatif.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA