Senin 19 May 2014 07:46 WIB

Pasangan Periang Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Erik Purnama Putra
Pasangan suami istri
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Kesehatan fisik akan semakin meningkat jika Anda memiliki pasangan yang periang, optimis, dan penuh semangat. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki suami atau istri periang memberikan dampak positif untuk peningkatan kualitas kesehatan Anda.

Peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dari 1.970 pasangan di Amerika yang usianya di atas 50 tahun. Selama empat tahun, penelitian ini memberikan rincian tentang kesehatan mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria atau wanita dengan pasangan optimis memiliki ketahanan fisik lebih baik dan lebih sedikit menerima risiko penyakit kronis. Efek yang menguntungkan ini sudah dipublikasikan di Journal of Psychosomatic Research.

"Orang-orang yang berada dalam jaringan sosial kita memiliki pengaruh besar pada kesehatan dan kesejahteraan kita. Ini adalah studi yang menunjukkan bahwa optimisme orang lain bisa memengaruhi kesehatan kita sendiri," ujar penulis utama, Eric Kim, seorang mahasiswa doktor di Universitas Michigan, dilansir dari Easy Good Health, Senin (19/5).

Optimisme pada pasangan dikaitkan dengan tingkat kepuasan hubungan dan pemecahan masalah berdua yang diselesaikan dengan cara lebih baik. Pasangan periang dan penuh semangat membuktikan adanya sebab akibat dalam hubungan.

"Secara praktis, saya memisalkan bahwa pasangan periang dan optimis mendorong pasangannya untuk hidup sehat, misalnya pergi ke gym atau makan makanan sehat. Inilah perbedaan sederhananya," ujar Kim.

Ini tentnya berdampak positif pada menurunnya ancaman kesehatan dan menurunnya biaya perawatan kesehatan karena risiko penyakit berkurang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement