Kamis 15 May 2014 14:25 WIB

11 Kebiasaan Makan Ini Bantu Kurangi Kegemukan (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Didi Purwadi
Nasi putih/ilustrasi
Foto: cookingkorean.com
Nasi putih/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ROLers, sebagian dari Anda mungkin menganggap banyak makan adalah musuh dari orang bertubuh gemuk. Pernyataan ini tak selamanya benar selama pola makan Anda tertata.

Tambahkan 11 kebiasaan makan berikut sebagai rutinitas harian Anda untuk menurunkan berat badan secara sehat, seperti dilansir dari Best Health Mag pada Kamis (15/5).

8. Sajikan makanan Anda bergaya restoran

Ini berarti Anda menempatkan makanan di piring selama berada di dapur, baru kemudian membawanya ke meja makan. Ini akan lebih baik dibandingkan makan gaya keluarga dimana piring dan mangkuk berisi makanan tertata di meja makan.

Dengan menyajikan makanan bergaya restoran, begitu makanan Anda habis, maka piring Anda akan kosong dan itu artinya Anda sudah selesai makan. Tidak ada lagi makanan lain yang diambil dari meja atau bahkan makanan yang masih tersisa di kuali di atas kompor.

9. Makanlah sup di siang atau malam hari

Mengonsumsi semangkuk sup bening atau salad yang kaya akan sayuran di setiap makan siang atau makan malam akan sangat membantu mengurangi kegemukan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memakan makanan kaya air, seperti zucchina, tomat, dan mentimun selama makan akan mengurangi konsumsi kalori Anda secara keseluruhan.

Tubuh memproses lapar dan haus melalui mekanisme berbeda. Jika Anda hanya minum banyak, seperti minuman bersoda, teh, kopi atau sekadar jus tanpa makan, maka itu sama sekali tidak akan mengawetkan rasa kenyang di perut Anda, ketimbang memakan sup sayur atau salad.

10. Perbanyak sayuran

Anda boleh-boleh saja makan makanan dua kali lebih banyak, asal itu adalah makanan kaya sayuran, seperti pasta atau salad dengan campuran sayuran seperti brokoli, wortel, atau tomat.

Hal yang sama berlaku untuk gorengan. Tambahkan sayuran di dalam omlet atau telur dadar Anda, tanpa harus menambah jumlah telur yang dikocok.

11. Hindari makanan putih

Karbohidrat terlalu banyak yang datang dari nasi, roti, gula, atau tepung putih adalah malapetaka bagi gula darah Anda dan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hindarilah makanan-makanan putih tersebut, kemudian beralih memperbanyak konsumsi gandum atau beras merah.

Studi di Harvard menunjukkan 74 ribu wanita yang makan dua porsi biji-bijian setiap hari lebih mungkin menurunkan 49 persen berat badannya dibandingkan mereka yang masih rutin mengonsumsi nasi dan makanan putih lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement