Selasa 25 Feb 2014 14:49 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Perawatan Wajah?

Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Jerawat/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iklim tropis ditambah dengan banyaknya polusi membuat kelenjar kulit bekerja ekstra keras. Hal ini dapat menimbulkan masalah seperti kulit kusam, mudah berjerawat dan lainnya.

Kondisi tersebut sebenarnya bisa diatasi apabila terbiasa merawat kulit dan wajah sejak dini. Namun pertanyaanya, kapankah waktu yang tepat untuk memulai perawatan wajah?

"Waktu yang tepat adalah saat seseorang mulai memasuki masa puber," ujar Dr. Dody Budiarso, konsultan medis Natasha Skin Clinic Center, Selasa (25/2) siang, di Jakarta.

Saat sesorang memasuki masa pubertas, jelas Dody, akan terjadi perubahan hormon yang cukup drastis. Jadi jangan heran bila banyak remaja selalu bermasalah dengan jerawat dan kulit berminyak. Namun saat ini masih banyak remaja yang masih kurang peduli dengan kondisi wajah saat pubertas.

"Jadi disarankan untuk merawat saat pubertas. Kalau sudah puber dan alami masalah kulit, silakan ke dokter," kata Doddy.

Dalam melakukan perawatan, lanjut Doddy, juga tidak boleh sembarangan. Harus diketahui lebih dulu tingkat masalah dan jenis kulit. "Karena kulit tiap orang berbeda, jadi pengobatannya pun harus disesuaikan," jelas Doddy.

Seperti pihaknya yang menyediakan produk dan medical therapy yang berbeda. Disesuaikan dengan tingkat masalah dan jenis kulit.

"Kita nggak sembarangan kasih produk karena kita selalu bedain dengan jenis dan permasalahan kulit," kata Doddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement