Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Teh Bunga Shang Palace

Jumat 14 Feb 2014 12:00 WIB

Red: Indira Rezkisari

Dari sebentuk bola, ketika bertemu air panas ia akan merekah bak bunga mekar.

Dari sebentuk bola, ketika bertemu air panas ia akan merekah bak bunga mekar.

Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Suka minum teh? Di Jakarta beberapa tahun terakhir ini gerai minum teh premium yang terus bermunculan memanjakan para penyuka teh.

Salah satu tempat yang menghadirkan teh yang berbeda adalah restoran Shang Palace yang terletak di level 1 Hotel Shangri-La Jakarta. Teh yang tersaji bukan sembarang teh. Adalah teh dari bunga yang membuatnya berbeda.

Siang itu dua teko bening dari keramik terhidang di depan saya. Yang satu, dengan perawakan bulat, berisi air panas yang mengepul. Uap yang membasahi bagian bawah tutup teko membuat saya yakin air ini baru saja dididihkan. Di sebelahnya terletak teko yang juga transparan. Ukurannya lebih langsing dan tinggi.

Bersama dua teko tersebut, sebuah cawan kecil menemani. Di dalamnya terdapat sebuah bola yang mirip dedaunan yang dirangkai menjadi bola berukuran bola bekel.

Air panas dari teko bulat kemudian dituang ke teko tinggi. Kira-kira tinggi airnya memenuhi tiga per empat badan teko. Setelah itu bola yang ternyata berupa teh bunga dicelupkan.

Dan, dalam waktu beberapa menit bola teh yang dulunya kuncup merekah bak bunga. Aroma bunga pun menusuk hidung, seiring warna air dalam teko yang berubah kecokelatan.

Lyrian Lim, manajer restoran Shang Palace, mengatakan teh bunga sesungguhnya bak seni kuliner. ''Orang yang menikmatinya belum tentu memilihnya karena ingin meminum teh,'' sambung dia. Teh bunga lebih dipilih karena faktor keindahan dan aromanya. Boleh dibilang mereka yang menikmatinya ingin mencicipi pula sensasi bunga yang mekar dalam teko isi air panas.

Ada beragam bunga yang bisa menjadi pilihan dalam sebuah bola teh. Shang Palace yang khusus menyajikan masakan Kanton menawarkan enam macam teh bunga. Diantaranya Celebration Tea yaitu jenis daun teh putih yang dirangkai dengan orange lily dan osmanthus. Atau, Rising Star Tea yang merupakan teh hitam bersama kembang melati.

Ada pula Enchanted Beauty yang merupakan rangkaian teh oolong bersama bunga amaranth dan orange lily. Hingga Heart of Gold Tea yang berisi rangkaian daun teh putih dengan bunga krisan.

Bunga dan teh tersebut dikatakan Lyrian tak semata cantik kala merekah. ''Mereka juga kaya manfaat,'' ujarnya. Bunga amaranth berfungsi menurunkan suhu tubuh. Sementara teh oolong terkenal berkhasiat mengurangi kolesterol dan penyakit jantung.

Untuk menikmati teh ini satu tekonya seharga Rp 68 ribu. Harga tersebut belum termasuk pajak. Satu teko bisa dinikmati satu hingga dua orang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA