Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Agar Badan Tidak Melar Selama Liburan (1)

Rabu 01 Jan 2014 07:02 WIB

Red: Endah Hapsari

Diet makanan sehat

Diet makanan sehat

Foto: healthydiets.eu

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak di antara kita yang naik berat badannya setelah liburan panjang, termasuk setelah musim libur seperti sekarang ini. Apakah Anda juga mengalaminya? Nah, untuk mencegah berat badan Anda bertambah selama liburan, simak tips berikut ini seperti dilansir situs duniafitnes:

Hindari Makan Berlebihan

Lebaran identik dengan hamparan makanan lezat yang terhidang baik di rumah kita sendiri maupun di setiap rumah lain yang kita kunjungi untuk bersilaturahmi. Makanan yang tersaji pun tidak jauh-jauh dari masakan bersantan, gorengan, dan berlemak. Selain itu, makanan dan minuman yang disajikan juga sering mengandung kadar gula yang tinggi.

Nah, jika jenis makanan dan minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, Anda tentu sudah tahu apa risikonya. Timbunan lemak dalam tubuh bertambah dan berat badan ikut melonjak naik dengan drastis! Jadi, hindari makan berlebih.

 

Siasati Pilihan Makanan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak sekali makanan tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak yang disajikan selama Lebaran. Oleh karena itu, siasati dengan cara menghindari kuah santan dari rendang, opor, gulai, dan lainnya, cukup konsumsi dagingnya saja. Selain itu, konsumsilah daging ayam tanpa kulitnya atau daging sapi tanpa lemaknya. Pilih juga makanan yang tidak digoreng, tapi bisa pilih yang di-steam, direbus, dipanggang, dan sebagainya.

 

Hidangkan Menu Sehat

Tambahkan makanan sehat dalam menu Lebaran Anda, misalnya sup sehat berisi sayuran, gado-gado, ayam bakar, pepes ikan, dan sebagainya. Selain itu, hidangkan juga buah, misalnya dalam bentuk buah potong, salad buah, dan lain-lain. Buah dan sayur adalah menu wajib bagi Anda meskipun menu khas Lebaran seringkali minim akan makanan-makanan ini.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA