Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Ini Penyebab Pria Mandul

Ahad 13 Okt 2013 10:57 WIB

Red: Endah Hapsari

Masalah kemandulan pada pria jangan dianggap remeh/ilustrasi

Masalah kemandulan pada pria jangan dianggap remeh/ilustrasi

Foto: goodbabyguide.com

REPUBLIKA.CO.ID, Selain faktor spermatozoa, ada juga penyebab kemandulan pria lainnya. Yaitu kelainan seksual atau jarang melakukan hubungan suami istri. Kelainan seksual bisa terlihat dari gairah yang rendah atau bahkan tak bergairah sama sekali, disfungsi ereksi, gangguan ejakulasi, atau kelainan bentuk anatomi.

Beberapa keadaan lain yang memperbesar risiko kemandulan pada pria adalah testis yang tidak turun saat lahir, kelainan anatomi yang disebut dengan Hipospadi. Yaitu lubang sperma ada di bawah testis, pubertas yang terlambat, penyakit menular seksual, infeksi atau terpuntir saat remaja dulu, dan juga dulu pernah melakukan operasi hernia.

Menurut Wakil Ketua Asri Urology Center, Ponco Birowo, diagnosis teknik atau metode terkini serta terapi yang tepat terus diupaya kan agar dapat membantu pasien pria yang mandul agar bisa mendapatkan keturun an. Pada pasien infertilitas dengan kelainan faktor spermatozoa yang disebabkan oleh varikokel, dapat diterapi dengan obat-obatan maupun tindakan operasi bedah mikro (microligation). “Lebih efektif yang dioperasi, tingkat kesembuhannya mencapai 70 persen,”katanya.

Sedangkan untuk kasus azoo spermia, dapat dilakukan pengambilan spermatozoa dengan teknik ope rasi bedah mikro. Selanjutnya spermatozoa yang didapat dapat digunakan untuk program in-vitro fertilization (IVF) atau yang lebih populer disebut bayi tabung.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA