Selasa 12 Mar 2013 19:27 WIB

Ini Kesalahan Kaum Perempuan Ketika Berolahraga

Olahraga (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Olahraga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lantaran mengidamkan tubuh yang ideal dan bugar, banyak perempuan rela berolahraga secara rutin. Sayangnya, banyak perempuan yang kerap tidak menyadari kesalahan mereka saat berolahraga.

Karena kendala waktu, banyak perempuan terburu-buru menyelesaikan latihan saat berolahraga. Mereka juga berolahraga tanpa melakukan pemanasan yang tepat. Padahal, sesi pemanasan sangat membantu untuk menghangatkan aliran darah sehingga seseorang terhindar dari cedera otot. 

Untuk itu, pastikan Anda melakukan peregangan sebelum berolahraga. Bisa dimulai dengan latihan dasar yang sangat sederhana. Misalnya, pemanasan, peregangan dapat membuat seseorang terhindar dari cedera.

Kesalahan lain yang acap kali dilakukan banyak perempuan adalah berlatih di pusat kebugaran dengan kondisi perut kosong. Ini sangat berisiko tinggi karena saat berolahraga tubuh akan mengurai makanan dan menggunakannya sebagai bahan bakar saat berolahraga.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat mengandung karbohidrat dan sedikit protein. Beri waktu setidaknya 30 menit untuk tubuh mencerna makanan. Kemudian barulah Anda memulai berolahraga.

Adapun kesalahan yang paling sering dilakukan perempuan yaitu menggunakan sepatu baru untuk berolahraga. Padalah sepatu olahraga harus nyaman dan lentur.

Sepatu baru kadang masih sedikit kaku dan kaki Anda masih beradaptasi dengan bentuk sepatu. Ini bisa membuat kaki lecet serta sakit pada lutut dan punggung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement