Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Ini Diet Pencegah Stroke dan Serangan Jantung

Selasa 26 Feb 2013 20:09 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Heri Ruslan

Skema Diet Mediterania

Skema Diet Mediterania

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Riset menunjukkan diet mediterania dengan makanan yang kaya akan minyak zaitun dan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke hingga 30 persen.

Diet tersebut juga bermanfaat bagi perokok karena menurunkan risiko diabetes tipe dua.

Diet mediterania umum dilakukan di negara-negara Eropa Selatan seperti Yunani, Spanyol,  dan Italia. Diet itu dilakukan dengan mengonsumsi buah, sayur, kacang, ikan, dan anggur. Mereka hanya mengonsumsi sedikit daging merah.

"Hasil percobaan kami menjelaskan, sebagian, kematian kardiovaskular lebih rendah di negara-negara Maditerania dibandingkan di Eropa utara atau Amerika Serikat, " ungkap laporan yang diterbitkan di Jurnal Pengobatan Inggris, dilansir Guardian.

Komponen utama yang membuat risiko penyakit turun termasuk konsumsi anggur (alkohol) dalam jumlah yang moderat, rendahnya konsumsi daging, dan produk daging. Pelaku diet juga mendapat asupan tinggi pada sayuran, buah, kacang-kacangan, ikan dan minyak zaitun.

"Ini studi jangka panjang yang menunjukkan diet mediterania berkaitan dengan manfaat kesehatan jantung termasuk penurunan serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit kardiovaskuler, " ungkap direktur medis di British Hearth Foundation, Mike Knapton.

Selain diet mediterania, Knapton juga menyarankan untuk diet seimbang rendah garam, lemah jenuh, dan gula. Hal itu merupakan bagian dari gaya hidup sehat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA