Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Filateli untuk Si Pemula Kecil, Bagaimana Caranya? (2-habis)

Selasa 19 Feb 2013 15:01 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Berbagai tipe perangko dari Eropa

Berbagai tipe perangko dari Eropa

Foto: Dreamstime.com

REPUBLIKA.CO.ID, Sebelumnya telah diulas mengenai tipe perangko seperti apa yang mesti dikoleksi dan bagaimana memulai berburu dan mengoleksi perangko bagi pemula. Tips berikut akan melanjutkan cara mendapatkan perangko dan trik melepaskan perangko yang menempel di sebuah amplop surat.

Beli dari satu set koleksi perangko untuk pemula.

Seperti nasihat orang tua, hal-hal yang baik biasanya dalam kemasan kecil. Sebagai kolektor pemula kalian juga butuh bantuan, mulai dari satu set koleksi perangko yang berisi kaca pembesar kecil, penjepit dari logam dan album perangko dan satu lembar koleksi berisi beberapa perangko.

Mengapa perlu penjepit logam? Minyak dan keringat di jari bisa mencederai perangko-perangko, jadi kalian butuh alat untuk mengambil dan memegang perangko-perangko tersebut. Kaca pembesar juga diperlukan untuk melihat detail-detail kecil dalam desain perangko.

4. Belilah perangko secara online.

Kalian bisa menemukan jutaan perangko di internet untuk dijual. Ambil uang tabungan--jangan kuras semuanya--dan minta ayah atau ibu membelikan untuk kalian.

Satu yang harus kalian pahami, menjadi kolektor pemula jangan mengejar perangko-perangko yang terlalu mahal. Aturan pertama filateli pemula adalah memiliki perangko yang sesuai dengan anggaran kantung.

Begitu koleksi anda bertambah, maka kalian mulai siap berinvestasi untuk perangko-perangko seperti miliki koleksi filatelis terkenal sepanjang masa.

5. Buatlah daftar perangko yang ingin dikoleksi.

Satu kegiatan menarik dalam filateli, kalian bisa bertukar daftar keinginan dengan filateli lain. Kalian cantumkan perangko-perangko yang ingin dimiliki dalam daftar lalu menukarnya dengan koleksi filatelis lain. Bila beruntung kalian bisa saling bertukar perangko tanpa harus mengeluarkan uang. Selalu ikutkan orang tua ketika bertemu filatelis lain karena toh tidak aman bertemu dengan orang asing yang baru dikenal tanpa ada orang yang menemani.

Trik melepaskan perangko yang melekat di amplop.

Perangko melekat pada amplop dengan perekat khusus bernama getah perangko. Berikut tip untuk filateli amatir untuk mencopot perangko dari kertas.

1. Biarkan orang dewasa membantu memotong perangko berikut kertasnya dari amplop.

Berhati-hatilah, minta mereka tidak menggunting terlalu dekat dengan perangko sehingga ada kemungkinan sobek saat hendak dipisahkan.

2. Letakkan setiap perangko, gambar menghadap ke atas di dalam mangkuk berisi air hangat. Jaga hanya kertas amplop yang menyentuh air. Biarkan kertas amplop dengan perangko mengambang beberapa menit sehingga perekat perangko terpisah dengan mudah.

3. Dengan perlahan kelupas bagian perangko dari kertas amplop. Kalian bisa mencegah menyobek perangko dengan menggunakan penjepit. Perangko yang lembab sangat raput sehingga kalian harus berhati-hati agar tak merusaknya.

4. Letakkan perangko tadi di atas permukaan datar dan tutupi dengan buku berat.

Perangko lembab yang mengering akan melinting secara otomatis dan berkerut. Bobot buku bisa mencegah perangko tidak sampai berkerut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA