Senin 07 Jan 2013 09:18 WIB

Terapi Musik Bisa Sembuhkan Penyakit (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Festival musik/ilustrasi
Foto: www2.wsls.com
Festival musik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Program-program terapi musik cenderung berdampak cepat bagi penyembuhan. Namun, karena ukuran kelasnya terbatas, maka seringkali terapi musik ini mengalami 'daftar tunggu' di pusat-pusatnya di negara berkembang.

Terapi musik adalah pengobatan integratif yang bekerja dengan baik apabila dikombinasikan dengan perawatan medis standar. Ini bergantung pada jenis dan kondisi pasien. Lalu, siapa saja yang bisa merasakan manfaat dari terapi musik ini? Ini dia ulasannya, dikutip dari SymptomFind, Senin (7/1).

1. Terapi musik sering digunakan untuk mengobati anak-anak dan remaja yang menderita gangguan perilaku, cacat perkembangan mental, dan anak-anak dengan kemampuan belajar yang rendah.

2. Wanita yang sedang hamil dan mereka yang menggunakan segenap tenaganya untuk membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan juga efektif menjalani terapi musik.

3. Terapi musik juga sering digunakan oleh pusat pengobatan yang mengobati cedera otak atau penyakit Alzheimer. Terapi musik juga sering digunakan oleh pusat-pusat kanker, dan pusat penyalahgunaan narkoba dan alkohol.

4. Banyak psikiater atau psikolog mempromosikan penggunaan terapi musik untuk mengobati pasien yang menderita kecemasan dan gangguan kesehatan mental.

5. Terapi musik adalah pengobatan yang aman dan alami dan dianjurkan untuk siapa saja yang menderita sakit melalui pendekatan holistik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement