Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Gangguan Pencernaan Bisa Sebabkan Mandul?

Senin 01 Okt 2012 14:20 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ibu hamil (ilustrasi).

Ibu hamil (ilustrasi).

Foto: Wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak pasangan memiliki masalah infertilitas yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. Masalah pencernaan atau gastrointestinal bisa menjadi salah satu penyebab infertilitas. Tapi bagaimana ini bisa terjadi?

Janin yang berada di dalam kandungan membutuhkan nutrisi untuk dapat tumbuh kembang. Bila seorang perempuan memiliki masalah pencernaan, hal ini dapat membuat tubuh tidak menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Ini juga berarti bayi tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Aktivitas hormonal juga dipengaruhi oleh nutrisi dari makanan yang diserap tubuh. Bila tubuh kehilangan nutrisi seperti vitamin dan mineral, maka secara otomatis hormon yang seharusnya digunakan untuk berovulasi tidak dapat mengeluarkan kelenjar endokrin. Ini menyebabkan jadwal menstruasi menjadi tidak menentu dan proses kehamilan akan menjadi semakin sulit.

Bila seorang perempuan memiliki penyakit gastrointestinal yang sudah akut dan mengalami sindrom gangguan usus besar, maka bobot tubuhnya akan mengalami penyusutan secara drastis. 

Saat sudah mencapai batasan indeks massa tubuh terendah, secara otomatis perempuan itu tidak akan mengalami menstruasi lagi. Hal ini dikarenakan tubuh sudah terlalu lemah. Tanpa menstruasi, berarti sel telur tidak terproduksi dan yang bersangkutan tidak akan bisa mengandung.

Malanutrisi juga mengakibatkan anemia kronis yang dapat menurunkan kadar hemoglobin atau sel darah merah. Bila hemoglobin dalam tubuh Anda rendah, tidak hanya jadwal menstruasi Anda yang tidak akan teratur, namun Anda juga akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan bayi yang sehat. 

Selain itu, penyakit gangguan pencernaan seperti celiac juga seringkali menjadi penyebab gangguan infertilitas. Gejala-gejala ini penyakit ini seringkali membingungkan karena mirip dengan diare pada umumnya, namun terjadi selama bertahun-tahun. 

Gejala yang terjadi termasuk kram di perut bagian bawah dan adanya dorongan untuk sering buang air besar. Celiac tidak memungkinkan tubuh untuk menyerap nutrisi dan berakibat perempuan sulit hamil.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA