Rabu 12 Sep 2012 21:26 WIB

Berlubang Penyebab Terbanyak Sakit Gigi

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Karta Raharja Ucu
Gigi Sensitif (Ilustrasi)
Gigi Sensitif (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Penyakit gigi, terbanyak akibat gigi berlubang. Berdasarkan data yang dilansir Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), ternyata lebih dari 70 persen penduduk Indonesia yang mengalami sakit gigi, diakibatkan gigi mereka yang berlubang.

"Sekitar 168 juta jiwa penduduk Indonesia pernah menderita sakit gigi. Untuk orang dewasa, rata-rata rata-rata mencapai lima giginya yang berlubang," kata Ketua Umum Pengurus Besar PDGI, Dr drg Zaura Rini Anggraeni, MDS.

Kepada wartawan di Denpasar, Rabu (12/9), Zaura mengatakan dari lima gigi yang sakit itu, 25 persen di antaranya dalam keadaan berlubang yang masih tertolong, sedangkan 75 persen tidak bisa ditolong karena sudah masuk ke fase terminal dan mati.

Ditambahkannya, gigi dalam fase terminal atau mati itu karena sudah mengalami kebusukan dan harus diambil tidakan terakhir yakni dicabut. "Berdasarkan kenyataan di lapangan, kurang dari satu persen gigi berlubang bisa diatasi dengan cara ditambal," katanya.

Menurut Zaura, kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang erat dengan sistem kesehatan seluruh tubuh. Sehingga apabila mengalami gigi busuk atau infeksi pada gusi, bisa merusak keseimbangan dan ketahanan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement