Advertisement
Rabu 30 May 2012 23:51 WIB

Awas, Merokok Bisa Bikin Lumpuh

Asap Rokok - ilustrasi
Asap Rokok - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi Perdossi Pusat, Manfaluthy Hakim menyebut, merokok dapat memicu kerusakan saraf atau yang dikenal dengan neuropati. Pasalnya, rokok secara langsung mempengaruhi sistem saraf.

"Rokok selain memiliki efek langsung dari berbagai macam kandungannya, juga dapat mempengaruhi secara langsung sistem saraf meskipun perlahan-lahan," ujarnya dalam acara dialog bertajuk 'Neuropati, Kenali, Waspadai!', Selasa (29/5) kemarin.

Dipaparkannya, selain mengganggu sistem saraf, merokok dapat mengganggu peredaran darah akibat plak yang timbul pada pembuluh darah. "Plak-plak itu akan mengganggu penyerapan nutrisi oleh pembuluh darah halus, ini berakibat gangguan pada sistem saraf tepi," sebut dia.

Gangguan pada sistem saraf tepi ini menyebabkan sistem saraf sensorik bermasalah dan lambat laun mengganggu sistem saraf motorik, kondisi ini yang disebut neuropati. Penderita neuropati akan kesulitan menggerakkan kaki dan tangannya, bahkan hingga seluruh anggota tubuhnya alias lumpuh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement